Ganjil Genap Sampai Pondok Indah

Ganjil Genap Sampai Pondok Indah
BERSIH: Suasana di Jalan Sudirman, Jakarta yang terlihat lengang saat libur Natal, Senin (25/12). Foto: Derry Ridwansaj/JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sistem ganjil genap diperluas selama Asian Games 2018. Jalan Arteri Pondok Indah (PI) atau di ruas jalan Simpang Kartini sampai Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menjadi salah satu ruas yang diberlakukan ganjil-genap.

Kebijakan ini karena Lapangan Golf Pondok Indah yang berada di ruas itu akan jadi salah satu venue Asian Games. Selain itu jam operasional ganjil genap juga bakal diperpanjang hingga malam hari.

Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan, perluasan penerapan sistem ganjil genap ini merupakan upaya untuk menyukseskan Asian Games 2018.

"Kebijakan ganjil-genap itu nantinya akan dimulai sejak pukul 06.00 hingga 21.00 WIB, semula kebijakan ini dibagi dua yaitu pada pukul 06.00 hingga 10.00 WIB, dan 16.00 hingga 20.00 WIB," ujar Budiyanto, Senin (25/6).

Selain jam yang ditambah, dia mengungkapkan, harinya pun ditambah. Nantinya, kebijakan ini akan berlaku setiap hari. Rencana pelaksanaan uji cobanya akan dilakukan pada tanggal 2 Juli mendatang hingga 31 Juli. Dan pelaksanaannya pada 1 Agustus mendatang.

"Waktunya Senin hingga Minggu. Kendaraan nomor plat ganjil beroperasi pada tanggal ganjil, plat genap pada tanggal genap," katanya.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko memastikan, pihaknya menyiapkan jalan alternatif ketika pemberlakuan perluasan ganjil-genap untuk Asian Games 2018 nanti. Jalan lingkungan atau permukiman bakal jadi alternatif ketika ganjil-genap diterapkan.

"Kita tahu di sana banyak ditutup sama portal, tapi hari ini sudah dibuka," terang Sigit.

Sistem ganjil genap diperluas selama Asian Games 2018 sampai ke jalan Arteri Pondok Indah (PI)

Sumber Indopos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News