Ganti Kasur 7 Tahun Sekali Jika tak Ingin Nyeri Leher dan Punggung

Ganti Kasur 7 Tahun Sekali Jika tak Ingin Nyeri Leher dan Punggung
Ilustrasi. FOTO: getty images

jpnn.com - BANGUN tidur seharusnya menjadi saat yang paling menyegarkan bagi tubuh karena telah beristirahat. Namun bila kasur anda sudah lama tidak diganti, bisa jadi bukan kesegaran tubuh yang anda rasakan, melainkan nyeri leher dan punggung yang menyakitkan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh The British Chiropractic Association (BCA) menemukan bahwa 1 dari 3 orang terbangun dengan nyeri di leher di punggung atau leher. Tidak hanya sekadar nyeri biasa, 2 dari 5 orang bahkan merasakan nyeri yang sangat hebat dan nyeri tersebut akan terus berlangsung sepanjang hari. Menurut BCA, kondisi ini ditimbulkan oleh kasur yang terlalu lama tidak diganti.

Para ahli mengatakan kasur sebaiknya diganti setiap 7 tahun sekali. Namun data yang ada justru menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang mengganti kasurnya kurang dari sekali dalam 10 tahun, meskipun pegasnya terasa sudah renggang. BCA mengimbau masyarakat untuk memeriksa secara rutin keadaan kasurnya, apakah memang masih layak digunakan atau sudah harus diganti.

Juru bicara dari BCA, Tim Hutchful, mengatakan bahwa seberapa sering anda harus mengganti kasur tergantung pada beberapa faktor, di antaranya berat badan anda dan seberapa baik anda telah merawat kasur selama beberapa tahun menggunakannya.

"Tapi begitu kasur sudah terlalu lama dan tidak lagi menyangga tulang punggung dan leher dengan baik, maka sangat penting untuk langsung menggantinya dengan yang baru. Kesalahan jika orang berpikir semakin lama maka kasur akan semakin baik," kata Tim, seperti dilansir laman Mirror, Rabu (6/11).

Para ahli menganjurkan segera ganti kasur jika setiap pagi bangun merasakan nyeri di leher dan punggung. Selain itu, mereka juga menyarankan untuk tidur dalam posisi telentang daripada tidur dengan posisi tengkurap atau menyamping. (fny/jpnn)


BANGUN tidur seharusnya menjadi saat yang paling menyegarkan bagi tubuh karena telah beristirahat. Namun bila kasur anda sudah lama tidak diganti,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News