Gara-Gara Yasonna, Politikus PKS Ini Berdebat dengan Yorrys

Gara-Gara Yasonna, Politikus PKS Ini Berdebat dengan Yorrys
Gara-Gara Yasonna, Politikus PKS Ini Berdebat dengan Yorrys

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi III DPR dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboebakar Alhabsy sempat bersitegang dengan Yorrys Raweyai, wakil ketua umum Golkar kubu Agung Laksono. Aboebakar dan Yorrys berdebat dalam diskusi bertema "Negara dan Pertaruhan Demokrasi" di Cikini, Jakarta, Sabtu (14/3).

Dalam diskusi itu, keduanya beda pendapat soal dugaan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly melakukan intervensi terkait konflik internal Golkar. Awalnya, ‎Aboebakar menyatakan bahwa Yasonna tidak boleh melakukan intervensi terhadap partai politik.

"‎Pemerintah harus menjalankan fungsinya sebagai administrator parpol. Jangan intervensi parpol, ini jadi masalah," kata Aboebakar.

Selang beberapa waktu kemudian, Yorrys sempat menyinggung soal intervensi dari Kemenkumham. Ia tidak sependapat apabila Yasonna disebut melakukan intervensi.

"Saya agak berseberangan kalau ada (pendapat) Kemenkumham terlalu mengintervensi, tidak. Dia netral, hanya sebagai administrastor," ucap Yorrys.

Namun, Aboebakar yang menduga  Yasonna melakukan intervensi langsung terpancing untuk meanggapi  komentar Yorrys. Untuk menguatkan dugaan adanya intervensi, Abpebakar lantas membeber keputusan yang diambil Yasonna dalam konflik PPP, serta membandingkannya dengan langkah yang diambil terhadap Golkar.

Dalam kasus PPP, kata Aboebakar, Yasonna langsung mengambil keputusan hanya beberapa saat setelah dilantik menjadi menteri hukum dan HAM. “Pertanyaannya sejauh mana menteri sudah mempelajari dengan baik?” katanya.

Sedangkan dalam kasus Golkar, Yasonna proaktif menyurati salah satu kubu di Golkar untuk menyerahkan nama pengurus-pengurusnya. “Artinya, proaktif itu yang diduga makna intervensi. Itu yang saya bilang ada kesan," tutur Aboebakar.

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboebakar Alhabsy sempat bersitegang dengan Yorrys Raweyai, wakil ketua umum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News