Garuda-Filipina Siap Bentrok, Dukungan Memuncak

Garuda-Filipina Siap Bentrok, Dukungan Memuncak
SIAP - Sejumlah pemain timnas Garuda saat berpose di hadapan puluhan fotografer media. Foto: Dok. JPNN.
JAKARTA - Perjuangan timnas Indonesia melaju ke babak puncak Piala AFF 2010 akan dimulai nanti malam di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Di babak semifinal, skuad Merah Putih yang tampil luar biasa di babak penyisihan Grup A akan dijajal kekuatannya oleh tim kuda hitam Filipina yang lolos dari Grup B dengan status runner up.

Langkah Indonesia Untuk melaju ke babak final untuk kali keempat setelah edisi 2000, 2002, dan 2004 terbuka lebar karena dua laga babak empat besar yang semestinya digelar dengan system home dan away kedua-duanya dilangsungkan di GBK. Itu karena Filipina tidak memiliki stadion berstandar internasional. AFF (Federasi Sepak Bola ASEAN) akhirnya memutuskan laga semifinal Indonesia versus Filipina kedua-duanya digelar di Jakarta.

Ditilik dari sejarah pertemuan kedua tim, Indonesia sangat dominan. Dari 17 kali pertemuan (semua ajang), Filipina belum sekalipun pernah mengalahkan Indonesia. Sebaliknya, tim Merah Putih unggul telak dengan meraih kemenangan 16 kali dan seri sekali. Pada Piala AFF 2002 (saat itu masih bernama Piala Tiger), Indonesia bahkan melumat Filipina dengan skor fantastis 13-1 Filipina. Itu adalah rekor kemenangan terbesar timnas Indonesia sepanjang masa. Pada Piala Presiden 1972, Tim Merah Putih menggelontor The Azkals, julukan timnas Filipina, dengan skor 12-0.

Tapi timnas Filipina saat ini berbeda. Itu setelah Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) membuat revolusi dengan merekrut sembilan pemain berdarah Filipina yang merumput di luar negeri untuk memperkuat The Azkals. Upaya itu langsung membuahkan hasil. Di Piala AFF 2010 Filipina membuat kejutan dengan menahan seri juara tiga kali Singapura dan mengalahkan tuan rumah Vietnam 0-2 di babak penyisihan Grup B. Tim besutan Simon McMenemy itupun lolos ke babak semifinal untuk kali pertama.

JAKARTA - Perjuangan timnas Indonesia melaju ke babak puncak Piala AFF 2010 akan dimulai nanti malam di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News