Garut Banyak Bencana Longsor

Garut Banyak Bencana Longsor
Petugas menyingkirkan material longsor di Jalan Garumukti-Pamulihan, Kabupaten Garut, Jumat (27/12). Foto: ANTARA/HO BPBD Garut

jpnn.com, GARUT - Bencana tanah longsor melanda selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Kamis (26/12) kemarin.

"Titik longsornya kecil-kecil, ada tiga sampai empat longsor tapi tidak memakan badan jalan, hanya di Desa Garumukti yang memakan badan jalan dan kendaraan tak bisa melintas," kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan BPBD Garut Agus TB Sopian, Jumat (27/12).

Agus menuturkan, hingga hari ini petugas masih berupaya menyingkirkan material tanah longsor yang menimbun jalan.

Kendaraan alat berat dari Dinas PUPR Garut diterjunkan untuk mempercepat proses menyingkirkan material longsor agar kendaraan bisa melintasi jalur itu.

"Kebetulan di jalur Garumukti-Pamulihan sekarang lagi dikerjakan oleh PUPR menggunakan alat berat yang berada di Cikajang," katanya.

Ia menyampaikan, BPBD Garut terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengatasi bencana tanah longsor di wilayah selatan Garut.

Selama musim hujan, kata dia, jajarannya terus siap siaga untuk mengawasi daerah potensi bencana, dan segera melakukan tindakan jika mendapatkan informasi bencana.

"Alhamdulillah sampai sekarang belum ada kejadian yang mengancam masyarakat, mudah-mudahan ke depan tidak ada," katanya.

Hujan yang turun beberapa hari belakangan menyebabkan longsor di wilayah selatan Kabupaten Garut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News