Garut & Pangandaran Diguncang Gempa, BNPB: Tetap Waspada dan Siap Siaga

Garut & Pangandaran Diguncang Gempa, BNPB: Tetap Waspada dan Siap Siaga
Kabupaten Pangandaran dan Garut diguncang gempa pada Jumat dini hari. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Garut dan Pangandaran pada Jumat dini hari.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta warga Jawa Barat mewaspadai gempa susulan dan siaga terhadap potensi bencana yang ditimbulkan.

"Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya gempa. Pengetahuan mengenai lokasi titik kumpul terdekat juga harus tersampaikan ke seluruh lapisan masyarakat untuk meminimalisir ancaman bahaya gempa bumi," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi di dua titik berbeda.

Warga Jawa Barat merasakan guncangan gempa pertama di wilayah Garut dengan magnitudo (M) 2,7 pukul 01.30 WIB, dengan pusat gempa berada pada 30 km barat daya Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, dengan kedalaman 2 km.

Kemudian gempa kedua terjadi di wilayah Pangandaran dengan M 5,3 pukul 02.50 WIB, dengan pusat gempa berada pada 249 km barat daya Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, dengan kedalaman 10 km.

"Berdasarkan pemodelannya, kedua gempa tersebut tidak memicu terjadinya tsunami. Namun demikian, para warga diminta tetap waspada terhadap potensi gempa susulan," ujar Abdul.

Hingga kini Abdul melaporkan Pusdalops BNPB masih memantau dan melakukan koordinasi dengan BPBD setempat guna mendapatkan informasi terkini di lokasi kejadian. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BNPB meminta warga Jabar mewaspadai gempa susulan dan siaga terhadap potensi bencana yang ditimbulkan, setelah gempa Garut dan Pangandaran.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News