Gawai Dayak Tahun ini Sangat Spektakuler, Tamunya...Wouw!

Gawai Dayak Tahun ini Sangat Spektakuler, Tamunya...Wouw!
Gubernur Kalbar Cornelis meniup sumpit ke arah balon sebagai tanda dibukanya Gawai Dayak ke-32 di Rumah Radakng, Pontianak, kemarin (20/5). Foto: SHANDO SAFELA/PONTIANAK POST/JPNN.com

jpnn.com, PONTIANAK - Acara Pekan Gawai Dayak yang ke-32 secara resmi dibuka Gubenur Kalimantan Barat Cornelis di di Rumah Radakng, Pontianak, kemarin (20/5).

Tidak hanya dihadiri masyarakat Kalbar dari berbagai kabupaten, acara budaya ini juga menarik minat warga dari daerah luar Kalbar untuk datang.

Ketika panas mulai menyengat Kota Pontianak, pawai kemudian dimulai. Peserta pawai yang berjumlah ribuan orang mengikuti karnaval.

Mereka mengenakan pakaian adat Dayak, menggunakan mobil kontingen masing-masing daerah yang dimulai dari Rumah Radakng.

Ketua Panitia Pekan Gawai Dayak ke-32, Kartius, mengatakan Gawai Dayak tahun ini sangat spektakuler. Pasalnya, acara dihadiri tamu dari Kalteng, Malaysia, Taiwan, Australia, hingga Polandia.

“Bahkan ada dari suku Indian di Amerika sana, tadi yang disuruh nyanyi mengisi acara ini. Tahun ini luar biasa, bahkan tiga hotel di Pontianak ini penuh,” katanya saat ditemui di Rumah Radakng.

Kartius mengungkapkan sendiri jika gawai tahun lebih ramai dari gawai-gawai sebelumnya. “Secara umum Pekan Gawai Dayak ini luar biasa, dan dukungan masyarakat lain pun luar biasa. Yang buka stan dan ikut kuliner itu tidak hanya dari etnis Dayak, tetapi dari etnis Melayu, dan Tionghoa juga ada. Artinya gawai ini beragam, gawai ini bukan hanya untuk etnis dayak tapi semua etnis bisa,” ungkapnya.

Pengunjung Pekan Gawai ini diperkirakan sekitar 5 ribu orang sampai 10 ribu orang per hari. Berdasarkan survei dari tahun-tahun sebelumnya, Kartius mengungkapkan juga tidak jauh berbeda.

Acara Pekan Gawai Dayak yang ke-32 secara resmi dibuka Gubenur Kalimantan Barat Cornelis di di Rumah Radakng, Pontianak, kemarin (20/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News