Gawat! PHK Akan Meningkat Hingga Akhir Tahun

Gawat! PHK Akan Meningkat Hingga Akhir Tahun
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - BALIKPAPAN – Sebanyak 2.400 tenaga kerja di Balikpapan terkena PHK sepanjang Januari-Mei 2016. Data itu diperoleh Dinas Tenaga Kerja Sosial (Disnakersos) dari perusahaan yang melapor.

 Sejak 2014 hingga 2016, jumlah PHK mencapai lebih dari delapan ribu. “Totalnya 2.400 PHK di 2016 tahun ini,” sebut Sekretaris Disnakersos Aspiansyah baru-baru ini.

Terjadinya PHK, sambng Aspiansyah, merupakan jalan akhir yang dilakukan perusahaan guna efisiensi anggaran.

“Perusahaan yang melakukan efisiensi untuk mem-PHK karyawannya menjadi pilihan terakhir. Paling tidak, mereka harus melaporkan dulu ke kami sebelum melakukan PHK,” tandas dia.

Aspiansyah meminta seluruh perusahaan agar memberikan pelatihan-pelatihan kepada pekerjanya sebelum memutuskan PHK. Hal itu sesuai dengan instruksi gubernur Kaltim.

“Ada edaran gubernur Kaltim jangan sampai ada PHK. Tapi kalaupun terpaksa dilakukan, perusahaan harus memberikan pelatihan, bisa melalui dana CSR-nya sebelum melakukan PHK,” ucapnya.

Ia memperkirakan jumlah PHK akan terus meningkat hingga akhir tahun nanti. Disinggung soal upaya yang dilakukan Disnakersos terhadap korban PHK, Aspiansyah menerangkan, pihaknya memberikan pelatihan-pelatihan. (tur/yud/k1/jos/jpnn)


BALIKPAPAN – Sebanyak 2.400 tenaga kerja di Balikpapan terkena PHK sepanjang Januari-Mei 2016. Data itu diperoleh Dinas Tenaga Kerja Sosial


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News