GAWAT! Saat Ganti 2 Komandan, Petinggi TNI AL Ini Beberkan Masalah di Laut

GAWAT! Saat Ganti 2 Komandan, Petinggi TNI AL Ini Beberkan Masalah di Laut
Pangarmabar Laksamana Muda TNI A. Taufiq R., melaksanakan salam komando dengan pejabat Danlantamal baru dan lama seusai pelaksanaan Upacara serah terima jabatan (Sertijab) di Markas Komando Lantamal I Belawan, Senin (14/3). FOTO: DOK.Koarmabar for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A. Taufiq R, memimpin pelaksanaan Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) secara militer dua Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal). Upacara Sertijab berlangsung di Markas Komando Lantamal I Belawan, Senin (14/3).

Jabatan Danlantamal I Belawan diserahterimakan dari Laksamana Pertama TNI Yudo Margono kepada Kolonel Marinir Widodo D.P. Sedangkan jabatan Danlantamal II Padang diserahterimakan dari Laksamana Pertama TNI Dindin Kurnadi kepada Kolonel Laut (P) A. Rivai.

Pangarmabar mengatakan kerawanan di laut yang perlu diwaspadai jajaran Lantamal I dan Lantamal II yaitu illegal fishing atau penangkapan ikan dengan alat terlarang seperti trawl, bahan peledak dan potasium. Kemudian illegal mining, illegal entry, illegal oil, drugs smuggling, penggelapan pajak ekspor, penyelundupan barang bekas dari luar negeri dan pencurian spare kapal di area pelabuhan merupakan tantangan yang harus disikapi dengan tegas dan tidak bisa ditolerir.

Pangarmabar mengatakan bahwa batas wilayah laut negara Indonesia dan Malaysia yang belum tercapai atau unresolved maritime boundary area di Selat Malaka terus dalam pemantaun dan  ditindaklanjuti.  Sosialisasi kepada nelayan dan kehadiran unsur patroli laut dan udara Koarmabar yang bertujuan untuk menjaga stabilitas keamanan untuk menciptakan rasa aman bagi nelayan di laut harus didukung oleh Lantamal I dan II sesuai fungsi asasi pangkalan.

Di bidang pembinaan personel, menurut Pangarmabar, parameter kinerja personel di pangkalan harus terukur dan menghasilkan produk dalam upaya tercapainya dinamisasi organisasi menuju standardisasi pangkalan TNI Angkatan Laut yang telah ditetapkan. Penyamaan pola pikir dan cara tindak sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya dalam kedinasan merupakan hal penting yang harus diperhatikan dan direalisasikan dalam sebuah organisasi.

Pelaksanaan Sertijab tersebut dihadiri Plt Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Kasdam I/Bukit Barisan, Pangkosekhanudnas III, Dirpolairud, Kajati Sumatera Utara, para komandan Lantamal jajaran Koarmabar serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan Instansi Maritim Provinsi Sumatera Utara.(fri/jpnn)


JAKARTA – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A. Taufiq R, memimpin pelaksanaan Upacara Serah Terima


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News