Geber Stabilisasi Bawang Putih, Kementan Gelar Pasar Murah di Banten

Geber Stabilisasi Bawang Putih, Kementan Gelar Pasar Murah di Banten
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Propinsi Banten, Aan Muawanah melakukan gelar bawang putih murah di Kelurahan Drangong, Kabupaten Serang, Banten, Rabu (19/2/2020). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, SERANG - Pemerintah terus memantau kenaikan harga bawang putih mulai akhir Januari 2020. Portal laman Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Bank Indonesia Selasa (18/2/2020) mencatat, harga bawang putih di Cilegon, Serang, dan sekitarnya Rp54.000/kg.

Untuk mengendalikan pasokan dan harga bawang putih, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian bersama Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten melakukan Gelar Bawang Putih Murah, Rabu (19/2/2020).

Gelar Bawang Putih Murah dilepas oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Propinsi Banten, Aan Muawanah di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Provinsi Banten yang berlokasi di Kelurahan Drangong, Kabupaten Serang, Banten.

“Alhamdulillah hari ini terlaksana Gelar Bawang Putih Murah sebanyak 5-10 ton yang akan disebar di 5 (lima) lokasi pasar, yaitu Pasar Rau dan Pasar Lama Kota Serang, Pasar Petir dan Pasar Baros Kabupaten Serang serta Pasar Kranggot Kota Cilegon,” ujar Aan dalam sambutannya.

“Insyaallah ketersediaan bawang putih ini dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Banten dan menstabilkan harga bawang putih, sehingga dapat terjangkau oleh masyarakat,” tambahnya.

Menurut Aan, gelar bawang putih didukung penuh oleh Gubernur Banten, dan akan terus dilaksanakan sampai stabilnya harga bawang putih.

"Stabilitasi ini perlu dilalukan, karena dapat mencegah terjadinya inflasi bahan pangan," tuturnya. 

Kepala Bidang Cadangan Pangan, BKP Kementan, Nita Yulianis yang hadir dalam pelepasan tersebut menyampaikan bahwa Kementan akan terus melakukan gelar pasar murah dengan menggandeng pemangku kepentingan terkait sehingga stok aman dan harga juga menjadi stabil.

Untuk mengendalikan pasokan dan harga bawang putih, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian bersama Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten melakukan Gelar Bawang Putih Murah Rabu (19/2/2020).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News