Gedung DPRD DKI: Megah, tapi Toiletnya Seperti di Terminal

Gedung DPRD DKI: Megah, tapi Toiletnya Seperti di Terminal
Kondisi toilet di DPRD DKI Jakarta banyak yang rusak. Foto: Surya Kawung/JawaPos.com

jpnn.com - JAKARTA - Memprihatinkan. Meski tampak megah dari luar, gedung DPRD DKI Jakarta yang berada di Jalan Kebon Sirih itu menyembunyikan pemandangan tak pantas.

Toilet yang ada di setiap lantai gedung 11 lantai itu, banyak yang tak berfungsi. Padahal usia gedung itu belum lebih empat tahun sejak diresmikan pada 2012 lalu.

Sejumlah fasilitas di toilet pria kurang terawat. Mulai dari kloset di lantai dua gedung lama DPRD yang telah ditutupi menggunakan kertas berbahan fiber karena mampet.

Belum lagi beberapa wastafel yang tidak berfungsi. Wastafel rusak itu bisa ditemukan di jalan penghubung antara Gedung lama dan Gedung Baru DPRD DKI dan di toilet basement di gedung baru.

Ada juga internit toilet di lantai delapan gedung baru yang tampak rusak dan tempat buang air kecil di lantai empat di gedung yang sama dan ditutupi tempat sampah karena tidak berfungsi. Padahal bangunan itu dibangun dengan anggaran cukup wow, Rp 500 miliar.

Jupri, (30) salah seorang warga yang sengaja berkunjung ke gedung DPRD mengaku kaget melihat kondisi toilet gedung wakil rakyat tersebut.

"Tadi saya ke sini ketemu salah seorang anggota dewan. Kebetulan sedang menunggu dia saya ke toilet dulu. Di toilet ternyata banyak yang tidak berfungsi," ujarnya.

Hal serupa juga dirasakan Donal (18), salah seorang pelajar yang kebetulan mengantar proposal ke gedung itu. "Wastafelnya tidak ada air. Padahal mau cuci muka. Gedungnya bagus tapi toiletnya sama kayak di terminal," akunya.

JAKARTA - Memprihatinkan. Meski tampak megah dari luar, gedung DPRD DKI Jakarta yang berada di Jalan Kebon Sirih itu menyembunyikan pemandangan tak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News