Gegara Ini Pertamina Diprediksi Bakal Kebanjiran Investor

Gegara Ini Pertamina Diprediksi Bakal Kebanjiran Investor
Peringkat Risiko ESG PT Pertamina (Persero) naik menjadi peringkat satu dunia dalam sub-industri Integrated Oil and Gas. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pakar ekonomi lingkungan IPB University, Aceng Hidayat mengapresiasi Pertamina, yang meraih peringkat pertama dunia untuk risiko Environmental, Social, Governance (ESG) pada sub-industri Integrated Oil and Gas.

Menurut Aceng, keberhasilan akan meningkatkan kepercayaan dunia internasional kepada Pertamina.

Kepercayaan tersebut, akhirnya bisa membuat investor berlomba-lomba melirik BUMN energi itu.

“Oke itu, keren. Tunggu dampaknya tahun depan. Beberapa investor pasti mau masuk. Dan ini sangat menguntungkan, karena sektor hulu Pertamina memang butuh biaya besar,” Aceng.

Aceng menilai perusahaan yang sudah menerapkan ESG dengan baik, apalagi peringkat pertama dunia seperti Pertamina, tentu sangat diminati investor.

Dia berharap, kesuksesan Pertamina bisa diikuti perusahaan-perusahaan dalam negeri lain.

“Paling tidak setelah melewati tahun politik dan kondisi politik stabil. Saat itu, masyarakat kembali hidup normal dan ekonomi terus membaik. Saat itulah, investor-investor hijau akan akan menanamkan modal kepada perusahaan yang memiliki komitmen tinggi terhadap lingkungan,” imbuhnya.

Saat ini dana industri hijau di dunia sangat besar, bahkan lebih besar dari dana yang konvensional. Sebab, saat ini masyarakat dunia sangat mementingkan lingkungan yang besih agar kesehatan mereka terjaga.

Perusahaan yang sudah menerapkan ESG dengan baik, apalagi peringkat pertama dunia seperti Pertamina, tentu sangat diminati investor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News