Gegara Kebun Warisan, Yosefo Tewas di Tangah Abang Kandung dan Keponakan

Gegara Kebun Warisan, Yosefo Tewas di Tangah Abang Kandung dan Keponakan
Kedua pelaku (di belakang) di Mapolres Nias. Foto: pojoksatu.id

jpnn.com, NIAS - Yosefo Waruwu alias Ama Dedi, 43, warga Jalan Koto Kacia, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Nias, Sumatera Utara, tewas mengenaskan pada Kamis (12/12/2019) sore sekira pukul 17.00 WIB.

 

Ia tewas dibunuh oleh saudara laki-lakinya, Talizomasi Waruwu (65), dan Sibaya Gayuti (54) dibantu anak perempuan pelaku, Kurniawati Waruwu (32) serta menantunya, Martinus Waruwu (32) Martinus Waruwu alias Ama Endang (35) Dusun IV, Desa Orahili Idanoi, Kecamatan Hiliserangkai. 

Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, menjelaskan pembunuhan ini dilatarbelakangi pembagian harta warisan peninggalan orang tua korban dan pelaku yang belum terealisasi.

Ia mengatakan peristiwa berdarah itu terjadi pada Kamis (12/12/2019) sore sekira pukul 17.00 WIB di Dusun IV, Desa Orahili Idanoi, Kecamatan Hiliserangkai, Nias tepatnya di kebun warisan orang tua korban.

“Awalnya korban bersama putranya Dedi Junasri berangkat dari rumah abangnya Ama Erina Waruwu menuju kebun peninggalan orang tua korban, untuk melihat dan memberitahu putranya bahwa ada kebun warisan yang belum dibagi. Sebelum ke kebun, keduanya sempat singgah ke rumah pelaku (Talizomasi) untuk bertamu. Korban saat itu membawa kayu dan sebilah parang miliknya. Sedangkan putranya membawa kayu,” jelasnya saat paparan di Mapolres Nias, Senin (16/12).

Selanjutnya, saat di lokasi, rumah pelaku tutup hingga korban dan putranya mendatangi pelaku di kebun warisan keluarga. Saat perjalanan pulang dari kebun, kedua pelaku menyerang korban. Melihat serangan, korban melawan dengan menebas tangan kiri Kurniawati Waruwu alias Ina Endang (istri Martinus) yang juga ada di lokasi.

Melihat itu, pelaku Talizomasi menusukkan tombak yang dibawa dari rumah ke tubuh korban. Aksi pelaku sempat dihalau putra korban. Dan, korban berusaha melawan kembali, namun parang yang diayunkan terlepaskan dari gagangnya.

Yosefo Waruwu alias Ama Dedi, 43, warga Jalan Koto Kacia, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Nias, Sumatera Utara, tewas mengenaskan pada Kamis (12/12/2019) sore sekira pukul 17.00 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News