Gegara Laporan Media Asing, Luhut Minta Semua LSM Diaudit

Gegara Laporan Media Asing, Luhut Minta Semua LSM Diaudit
Ilustrasi - rupiah dan dolar. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bakal ada audit terhadap Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia.

Menurutnya, itu perlu dilakukan karena ada campur tangan asing melalui LSM di Indonesia.

Luhut menyebutkan audit perlu dilakukan untuk mengetahui aliran dana yang didapatkan oleh LSM yang ada campur tangan asing melalui LSM di Indonesia.

“Itu sebabnya saya mau audit semua LSM-LSM yang mendapat dana dari mana,” kata Luhut di kantor Marves, Jakarta Pusat, Kamis (5/10).

Dia juga mengatakan audit terhadap LSM penting untuk mengetahui penggunaan dana yang didapat dari berbagai lembaga donor.

“Ya, saya akan minta LSM-LSM itu diaudit ke depan. Apalagi dengan banyak LSM yang menggunakan dana untuk yang tidak jelas,” turut Luhut.

Audit LSM ini menyusul laporan tentang dugaan intervensi AS dalam pelaksanaan Pemilu di Indonesia yang ditulis Kit Klarenberg dari Mintpress News (media AS).

Dalam laporan liputan investigasinya, Klarenberg mengaku mendapat bocoran dokumen yang mengungkapkan peran badan intelijen Amerika CIA sedang menyiapkan operasi Color Revolution di Indonesia.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bakal mengaudit Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News