Gelar Even ICD 2017 Demi Manjakan Penikmat Kopi Lampung

Gelar Even ICD 2017 Demi Manjakan Penikmat Kopi Lampung
Kopi hitam. Foto: Health

jpnn.com, BANDARLAMPUNG - Hari Kopi Internasional (International Coffee Day) yang dipusatkan di Provinsi Lampung bakal menjadi even yang memanjakan para penikmat kopi.

Karenanya, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengajak penikmat kopi untuk ikut memeriahkan perhelatan tersebut.

Rencananya, aneka acara digelar untuk mempromosikan kopi robusta Lampung. Termasuk minum kopi gratis bagi yang hadir pada perayaan yang dimulai 29 September hingga puncaknya 1 Oktober 2017 itu.

Selain acara yang dikemas panitia, gubernur juga berharap merayakan Hari Kopi Internasional di berbagai kafe, restoran, rumah makan, dan tempat kuliner lainnya dengan menawarkan kopi robusta Lampung kepada tamu.

’’Target kegiatan ini adalah meningkatkan pertumbuhan konsumsi lokal kopi Lampung. Kami mendorong masyarakat Lampung usia dewasa mengonsumsi berbagai rasa dan varian kopi Lampung,” kata Ridho dalam keterangan persnya kepada Radar Lampung (Jawa Pos Group) kemarin.

Perhelatan ini, menurut dia, merupakan upaya mengingatkan kembali program rehabilitasi kopi yang dicanangkan wakil presiden RI pada 2014. Pencanangan itu menargetkan produktivitgas kopi Lampung dapat meningkat di atas 1 juta ton per hektare.

’’Kami berharap ada penggantian tanaman kopi yang berumur di atas 30 tahun dengan tanaman kopi yang lebih produktif,” ujarnya.

Selain peningkatan kesejahteraan petani kopi melalui teknologi budi daya, kegiatan pertama di Lampung ini juga ingin menumbuhkan destinasi wisata kopi. Perkebunan yang baik akan menjadi daya tarik wisata. ’’Perkebunan kopi dapat dijadikan destinasi wisata. Ini sejalan dengan tiga program prioritas pembangunan Lampung, yaitu pertanian, industri, dan pariwisata,” kata Ridho.

Hari Kopi Internasional (International Coffee Day) yang dipusatkan di Provinsi Lampung bakal menjadi even yang memanjakan para penikmat kopi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News