Gelar Juara Persija dan Kesuksesan Piala Menpora 2021: Berawal dari Kolektivitas

Gelar Juara Persija dan Kesuksesan Piala Menpora 2021: Berawal dari Kolektivitas
Kolektivitas antara Menpora Amali, Ketum PSSI M Iriawan, PT LIB, panitia penyelenggara dan klub menghasilkan kesuksesan Piala Menpora 2021. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sepak bola ialah permainan tim, kesuksesan sebuah tim bergantung pada kolektivitas atau kerja sama antarpemain.

Persija Jakarta membuktikan, kerja sama yang mereka bangun di atas lapangan, berbuah piala juara Piala Menpora 2021.

Bukan hanya prestasi yang didapat Persija, sukses kerja sama itu juga tergambarkan di dalam penyelenggaraan Piala Menpora 2021 ini.

Dibutuhkan kerja sama yang solid, kolektivitas yang tuntas, sampai akhirnya ajang pramusim 2021 ini bisa berjalan baik walaupun pelaksanaannya masih dalam suasana pandemi Covid-19 yang besar di Indonesia.

Perjalanan pelaksanaan Piala Menpora 2021 sebagai turnamen pramusim juga menunjukkan sebuah keberhasilan dari kolektivitas. Berawal dari semangat untuk bisa tetap berkompetisi di tengah pandemi, terciptalah kerja sama antara penyelenggara yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB), PSSI selaku otoritas sepak bola, Kemenpora sebagai pemberi rekomendasi.

Kerja sama stakeholder ini kemudian membuahkan izin turnamen yang diberi nama Piala Menpora 2021 tersebut. Izin diberikan karena penyelenggara, dibantu PSSI, dan didukung Kemenpora, berhasil meyakinkan kepolisian, Satgas Covid-19 dan juga Presiden Joko Widodo, bahwa sepak bola harus bergulir kembali.

Berjalannya sepak bola ini menebarkan aura positif kebangkitan masyarakat di segala lini, setelah ada keterpurukan akibat pandemi.

Turnamen berjalan mulai 21 Maret 2021. Sorot utama perhatian ialah protokol kesehatan dalam pelaksanaan di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Sepak bola ialah permainan tim, kesuksesan sebuah tim bergantung pada kolektivitas atau kerja sama antarpemain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News