Gelar Kirab Keliling Kampung Rawabiru untuk Memperingati HIMAS

Gelar Kirab Keliling Kampung Rawabiru untuk Memperingati HIMAS
Satgas Yonif MR 411 Kostrad bersama Suku Kanum menggelar Kirban untuk memperingati HIMAS di Kampung Rawabiru, Distrik Sotta, Kabupaten Merauke, Jumat (9/8). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, MERAUKE - Pos Rawabiru Satgas Yonif MR 411 Kostrad bersama Suku Kanum menggelar acara peringatan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) di Kampung Rawabiru, Distrik Sotta, Kabupaten Merauke, Jumat (9/8/2019).

Perayaan HIMAS digelar setiap tanggal 9 Agustus oleh PBB dan Masyarakat Adat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dalam perayaan di Kampung Rawabiru, acara dimeriahkan dengan kegiatan Kirab Keliling Kampung sambil memainkan alat musik khas Suku Kanum, tarian adat dan bernyanyi bersama. Acara tersebut diakhiri dengan acara makan-makan bersama di Pos Rawabiru.

Dansatgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya mengatakan kegiatan yang dilaksanakan di Pos Rawabiru bersama Suku Kanum merupakan salah satu upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa melalui budaya adat.

Gelar Kirab Keliling Kampung Rawabiru untuk Memperingati HIMAS

“Satgas akan selalu membina hubungan baik dengan masyarakat, salah satunya adalah dengan melestarikan budaya adat setempat sehingga ke depan akan tercipta ikatan kekeluargaan yang kuat antara Satgas dan Masyarakat di sekitar pos,” ujarnya.

BACA JUGA: Masyarakat Adat Jambi Turut Nikmati Perhutanan Sosial

Sementara itu, Komandan Pos Rawabiru Letda Inf Raden Adityas menyampaikan bahwa Satgas bersama-sama warga Kampung Rawabiru mengadakan acara peringatan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia sebagai bentuk melestarikan budaya adat guna mempererat hubungan silaturahmi dengan masyarakat.

Kepala Suku Harun Khoi Dimar menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada TNI dari Satgas Yonif MR 411 Kostrad yang telah menyelenggarakan acara peringatan Hari Masyarakat Adat Sedunia di Kampung Rawabiru. “Semoga semakin memperat hubungan silaturahmi kita semua,” ucapnya.(fri/jpnn)


Pos Rawabiru Satgas Yonif MR 411 Kostrad bersama Suku Kanum menggelar acara peringatan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) di Kampung Rawabiru, Distrik Sotta, Kabupaten Merauke, Jumat (9/8/2019).


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News