Gelar Program Greenpartner 7.0, Pertamina dan DLH Provinsi Jawa Barat Berkolaborasi

Gelar Program Greenpartner 7.0, Pertamina dan DLH Provinsi Jawa Barat Berkolaborasi
PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat melalui Fuel Terminal Bandung Group bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat menggelar seremonial Greenpartner 7.0 di Taman Kehati Kiarapayung, Sumedang Jawa Barat (7/9). Foto dok Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat

jpnn.com, SUMEDANG - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat melalui Fuel Terminal Bandung Group bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat menggelar seremonial Greenpartner 7.0 di Taman Kehati Kiarapayung, Sumedang Jawa Barat (7/9).

Greenpartner 7.0 merupakan Program Keanekaragaman hayati kerja sama antara Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat dan Pertamina, yang merupakan bentuk kontribusi Pertamina dalam mengkonversi emisi gas buang menjadi program penghijauan.

Program Greenpartner yang terjalin sejak 2020 ini berkembang tidak hanya meliputi pengayaan dan penyulaman jenis tanaman langka dan endemik di Jawa Barat, tetapi juga menjadi media untuk kolaboratif riset seperti penelitian Rosot Karbon yang terlaksana pada tahun ini.

Program ini diharapkan mampu memberikan dampak positif yang terukur terhadap komponen ekosistem yang lain, seperti perbaikan kondisi hidrologis dengan munculnya mata air atau terlindunginya mata air, mencegah longsor, dan banjir.

Kegiatan seremonial ditandai dengan penanaman  200 pohon langka dan endemik Jawa Barat serta perletakan patok permanen penelitian Rosot Karbon jenis Tanaman Pengkayaan.

“Terima kasih kepada Pertamina, program rosot karbon dan patok permanen di taman kehati merupakan pionir, dapat dijadikan tempat edukasi dan penelitian," ujar Kepala Bidang Konservasi Lingkungan dan Pengendalian Perubahan Iklim Helmi Gunawan.

“Semoga program ini mampu memberikan dampak positif yang terukur serta dapat menjadikan taman kehati menjadi tempat ecoeduwisata serta membantu memperbaiki kondisi hidrologis dan tutupan lahan area tersebut,” kata Fuel Terminal Manager Jefri Makahekung.

Dalam kesempatan terpisah Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menuturkan pihaknya turut berkontribusi mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals melalui program pelestarian lingkungan di wilayah Jawa Bagian Barat.

Ini merupakan bentuk kontribusi Pertamina dalam mengkonversi emisi gas buang menjadi program penghijauan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News