Gelar Rakornas, Kemendagri Luncurkan SIAK Terpusat

Gelar Rakornas, Kemendagri Luncurkan SIAK Terpusat
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullo pada Rakornas 2022. Foto: Puspen Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas).

Acara tersebut mengusung tema 'SIAK Terpusat: Layanan Adminduk Digital Dalam Genggaman' yang diselenggarakan di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengatakan acara tersebut menjadi moment peluncuran Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat.

Selain itu, Rakornas juga bertujuan untuk menguatkan komitmen dan menyamakan persepsi antara jajaran Dukcapil pusat dengan daerah.

Pasalnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan arahan agar jajaran Dukcapil di seluruh Indonesia memberikan pelayanan yang lebih cepat dan berkualitas.

"Jadi, acara Rakornas pada malam ini adalah melaksanakan arahan Bapak Menteri," kata Zudan, Selasa (8/2).

Pada kesempatan yang sama, Zudan juga membahas dukungan Kemendagri terhadap pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak 2024.

Zudan menambahkan sesuai jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam draft Peraturan, Kemendagri harus menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) pada 14 Oktober 2022 atau 16 bulan sebelum pencoblosan.

Ditjen Dukcapil Kemendagri menggelar Rakornas dan meluncurkan SIAK Terpusat di Bali, Selasa (8/2),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News