Gelar Rakornas Program Ketenagakerjaan 2024, Menaker Ida Berpesan Begini

Gelar Rakornas Program Ketenagakerjaan 2024, Menaker Ida Berpesan Begini
Menteri Ketenagakerja Ida dalam sambutan saat membuka Rakornas program Ketenagakerjaan di kota Yogyakarta, Senin (29/1/2024). Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan kolaborasi, integrasi, dan sinergi merupakan tiga elemen kunci transformasi yang bisa menjadikan program ketenagakerjaan menjadi lebih berdampak, bermanfaat, hingga bermakna bagi publik.

"Kolaborasi, integrasi, dan sinergi menjadi dasar terwujudnya ekosistem layanan ketenagakerjaan," ujar Menaker Ida dalam sambutan saat membuka Rakornas program Ketenagakerjaan di kota Yogyakarta, Senin (29/1/2024).

Dia menambahkan Rakornas yang menghadirkan seluruh instansi pemerintah bidang ketenagakerjaan itu, merupakan pengejawantahan secara nyata dari upaya percepatan transformasi pembangunan ketenagakerjaan melalui kolaborasi, integrasi, dan sinergi.

Menurut dia Rakornas di Yogyakarta tersebut merupakan rakor pertama yang berhasil menyatukan berbagai rakor program yang selama ini terlaksana secara parsial di berbagai unit kerja.

"Ini adalah pencapaian yang tak mudah, dan perlu kita kembangkan terus-menerus di tahun mendatang," ujarnya

Menaker Ida menjelaskan Rakornas bertema 'Mempercepat Transformasi Pembangunan Ketenagakerjaan yang inklusif dan Berkelanjutan' ini mencerminkan upaya Kemnaker mendukung sejumlah sasaran pembangunan nasional 2024.

"Pertumbuhan ekonomi 5,2 persen, kemiskinan ekstrem (0,1), gini ratio (0,374-0,377), tingkat kemiskinan (6,5-7,5), tingkat pengangguran terbuka (5,0-5,7), dan Indeks Pembangunan Manusia (73,99-74,02)," kata Ida Fauziyah.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan tujuan Rakornas Kemnaker 2024 yakni tersampaikannya kebijakan strategis, program, dan anggaran pembangunan ketenagakerjaan 2024 secara jelas.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan kolaborasi, integrasi, dan sinergi merupakan tiga elemen kunci transformasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News