Gelar Silatda, BPIP Menguatkan Peran Forkopimda Sumbar dalam Mengaktualisasi Pancasila

Gelar Silatda, BPIP Menguatkan Peran Forkopimda Sumbar dalam Mengaktualisasi Pancasila
BPIP melaksanakan silaturahmi daerah (silatda) di Kota Bukittinggi, Sumbar, Jumat (19/8). Foto: Dokumentasi BPIP

jpnn.com - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melaksanakan silaturahmi daerah (Silatda) di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, pada Jumat (19/8).

Kegiatan tersebut bertujuan menguatkan peran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sumbar dalam mengaktualisasi Pancasila.

"Kami mengapresiasi penguatan peran Forkopimda provinsi dan kabupaten/kota, para pengambil kebijakan dalam aktualisasi Pancasila dan UUD 1945 serta merawat NKRI dalam naungan semboyan berbangsa dan bernegara Bhinneka Tunggal Ika," kata Wakil Kepala BPIP Karjono dalam kegiatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Karjono juga menyampaikan turut bangga karena Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2022 tentang Provinsi Sumatera Barat telah disahkan.

Gelar Silatda, BPIP Menguatkan Peran Forkopimda Sumbar dalam Mengaktualisasi Pancasila

Wakil Kepala BPIP Karjono di acara Silatda di Kota Bukittinggi, Sumbar, Jumat (19/8). Foto: Dokumentasi BPIP

"Provinsi Sumatera Barat memiliki karakteristik kewilayahan yang strategis, memiliki potensi dalam sektor kelautan, perikanan, pariwisata dan perdagangan," sebutnya.

Dia menilai adat Minangkabau dengan falsafah adat basandi syara, syara basandi kitabullah berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila dan dalam kerangka NKRI.

"Kota Bukittinggi memiliki sejarah perjuangan yang penting secara nasional. Tercatat dalam sejarah Bukittinggi pernah menjadi pusat pergerakan dan perjuangan nasional sebelum dan setelah kemerdekaan Indonesia", paparnya.

BPIP menggelar Silatda yang bertujuan menguatkan peran Forkopimda Sumda dalam mengaktualisasi Pancasila

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News