Gelaran Y20, Saraswati Ingin Pemuda Gelorakan Pemulihan Pandemi

Gelaran Y20, Saraswati Ingin Pemuda Gelorakan Pemulihan Pandemi
Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Foto: Hilmi Setiawan/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Y20 Indonesia akan menyelenggarakan Pra-Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Kota Palembang, Sumatera Selatan pada 19-20 Maret 2022 mendatang. Dalam kesempatan itu, para delegasi Y20 akan membahas mengenai ketenagakerjaan pemuda.


Co-chairs Y20 Indonesia 2022 Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menuturkan topik ketenagakerjaan pemuda merupakan sesuatu yang penting untuk didiskusikan bersama. Dia mengatakan pemuda memiliki andil besar dalam upaya pemulihan dunia, khususnya akibat pandemi Covid-19.

“Selama dua tahun terakhir, kita telah dihadapkan dengan tantangan yang tidak pernah kita hadapi sebelumnya dalam hidup kita. Namun, kekuatan kita dalam empati, kreativitas, inovasi, dan ketahanan telah membawa kita sejauh ini. Tidak ada yang bisa memungkiri bahwa pemuda memiliki andil besar dalam upaya pemulihan Covid-19,” kata Rahayu dalam siaran pers, Rabu (16/3).

Politikus Gerindra itu menyadari pekerja muda di seluruh negara G20 mengalami dampak yang besar di tengah pandemi Covid-19. Dia juga mengatakan masalah ketenagakerjaan muda juga sudah ada sebelum pandemi, seperti pengangguran hingga penurunan permintaan tenaga kerja.

“Pandemi tidak hanya merusak peluang kerja, tetapi mendorong para pemuda ke pekerjaan dengan kualitas lebih rendah serta menghambat jalur masuk bagi pencari kerja pertama kali. Transisi dari jenjang sekolah ke dunia kerja penuh dengan banyak kesulitan dengan ditandai pekerjaan bergaji rendah, berstatus rendah, dan tidak stabil,” kata Rahayu.

Co-chairs Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar menambahkan Pra-KTT di Palembang akan diikuti oleh delegasi dari Indonesia dan perwakilan pemuda anggota G20.

Kemudian, diskusi juga akan menghadirkan sejumlah tokoh, seperti Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Menteri Sosial Tri Rismaharini, perwakilan International Labour Organization (ILO), hingga Universitas Oxford.

Michael menambahkan terdapat subtema yang juga akan dibahas saat diskusi, yakni mengenai jaring pengaman sosial untuk pekerja di sektor informal dan nonstandar kewirausahaan sosial pemuda.

“Saya mengajak para delegasi Y20 untuk berpikir tentang perubahan nyata dan kontinuitas. Saya juga berharap dapat bekerja sama untuk memastikan bahwa apa yang didiskusikan dan diputuskan pada KTT tahun ini akan memberikan dampak yang signifikan,” ujar Michael.

Selain di Palembang, Michael menyampaikan Pra-KTT juga akan diselenggarakan di sejumlah kota lain di Indonesia, yakni Nusa Tenggara Barat, Balikpapan, dan Manokwari. Puncak KTT Y20 akan diselenggarakan di Jakarta dan Bandung pada 17-24 Juli 2022.

Youth 20 adalah wadah bagi pemimpin muda masa depan dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi, berargumen, dan bertukar ide, hingga mencapai kesepakatan bersama terkait agenda Presidensi G20.

Konferensi Y20 pertama kali diselenggarakan pada 2010. Selanjutnya, tuan rumah penyelenggara berganti setiap tahunnya berdasarkan lokasi Presidensi G20 berlangsung.

Tahun ini, Y20 yang diselenggarakan di Indonesia mengusung tema Dari Pemulihan ke Resiliensi: Membangun Kembali Agenda Pemuda Pasca COVID-19. (tan/jpnn)


Y20 Indonesia akan membahas mengenai ketenagakerjaan pemuda. Seluruh pemimpin masa depan di 20 negara akan dikumpulkan.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News