Gelombang Panas Landa Australia, Wilayah Mana Saja Yang Akan Mencapai Rekor Baru?

Gelombang Panas Landa Australia, Wilayah Mana Saja Yang Akan Mencapai Rekor Baru?
Hampir seluruh wilayah Australia akan dilanda gelombang panas minggu ini. (Facebook: Ashe Murray)

Gelombang panas akan melanda hampir semua bagian di benua Australia menjelang Natal minggu ini dengan rekor suhu udara panas akan mencapai angka baru.

Hanya di Australia Barat suhu akan menurun setelah gelombang panas terjadi pekan lalu.

Sekarang gelombang panas menjalar ke Australia Selatan dan terus bergerak ke arah timur Benua Australia dan karenanya meningkatkan kemungkinan kebakaran semak.

Musim hujan tropis yang datang terlambat, dan kekeringan yang sudah lama terjadi membuat suhu terus tinggi di bagian Australia tengah.

Gelombang panas ini sudah terjadi di hampir semua wilayah Australia Barat selama beberapa ahari terakhir, dan sekarang bergerak ke arah timur.

Dimana saja akan terjadi?

Hari Senin, di Queensland Tenggara, dan di New South Wales bagian utara, suhu akan mencapai 39 derajat Celcius dan di bukota Queensland, Brisbane kelembaban mencapai 72 persen.

Rekor sebelumnya untuk suhu tertinggi untuk bulan Desember adalah 40 derajat, dan rekor suhu tahunan adalah 41.7 Celcius di bulan Februari 2004.

Suhu di Adelaide diperkirakan 40C atau lebih panas, dari hari Selasa sampai Jumat, dengan suhu paling panas di Adelade hari Jumat bisa mencapai 44C.

Gelombang panas akan melanda hampir semua bagian di benua Australia menjelang Natal minggu ini dengan rekor suhu udara panas akan mencapai angka baru

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News