JPNN.com

Gembira Bersama Kelola Sampah Menuju Hidup Bersih dan Sehat

Menteri Siti Nurbaya bersama Walkot Bandung Ridwan Kamil

Minggu, 21 Januari 2018 – 16:55 WIB
Gembira Bersama Kelola Sampah Menuju Hidup Bersih dan Sehat - JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Dalam rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 bertema “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah”, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan kegiatan Edukasi Pengelolaan Sampah kepada Anak-anak sekolah di Plaza Balai Kota Bandung, Minggu (21/1).

Kegiatan edukasi ini melibatkan lebih dari 2.000 anak-anak sekolah yang berasal dari 10 sekolah adiwiyata nasional, perwakilan SD, SMP, SMA. Juga berbagai komunitas, duta lingkungan, praktisi penggiat daur ulang, perguruan tinggi, serta dunia usaha yang memiliki program pengelolaan sampah dan asosiasi daur ulang plastik.

Gembira Bersama Kelola Sampah Menuju Hidup Bersih dan Sehat

Menteri LHK, Siti Nurbaya mengungkapkan, saat ini sampah Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun, dan baru 5,6 persen masyarakat yang memilah sampah, 19,4 persen kadang-kadang dipilih kadang tidak, dan 75 persen tidak dilakukan apa-apa serta 64 persen sampah dibawa ke TPA.

“Untuk itu perlu terus dilakukan proses-proses untuk penurunan sampah. Sehingga sampah yang sudah bisa dikelola harus 70 persen pada tahun 2025,” tegas Siti Nurbaya saat membuka kegiatan.

Menurut Siti, UU Nomor 18/2008 tentang Pengelolaan Sampah sudah masuk tahun kesepuluh, namun permasalahan sampah masih menjadi isu yang serius. Untuk itu, kepedulian serta keterlibatan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengelolaan sampah perlu ditingkatkan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan termasuk generasi muda, dalam hal ini anak-anak sekolah.

Gembira Bersama Kelola Sampah Menuju Hidup Bersih dan Sehat

Kegiatan edukasi pengelolaan sampah diisi dengan diskusi santai antara anak-anak sekolah dengan Menteri LHK Siti Nurbaya dan Walikota Bandung Ridwan Kamil serta jajarannya. Sesekali Siti Nurbaya dan Ridwan Kamil melontarkan pertanyaan terkait dasar-dasar pengelolaan sampah, yang dijawab antusias.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri