Gempa 6,3 SR Guncang Sukabumi, di Jakarta Terasa Sampai Lampu Bergoyang

Gempa 6,3 SR Guncang Sukabumi, di Jakarta Terasa Sampai Lampu Bergoyang
Grafik gempa. Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempabumi kekuatan 6,3 SR dengan epicentrum di Samudera Hindia

Lokasi tepatnya berada di 179 km barat daya Kota Sukabumi atau 226 kmbarat daya Bandung atau 253 km barat daya Jakarta pada Senin 12/6/2017 pukul 06.15 WIB.

"Pusat gempa pada kedalaman 10 km. Gempa tidak berpotensi tsunami," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke beberapa BPBD. Dilaporkan bahwa gempa dirasakan cukup kuat di beberapa daerah meliputi Kota Sukabumi selama 5-6 detik, Kabupaten Bogor 3-5 detik, dan 3 detik di Jakarta intensitas sedang.

"Masyarakat Jakarta yang tinggal di gedung bertingkat merasakan guncangan dengan intensitas sedang. Lampu bergoyang dan perabotan rumah bergetar," jelas dia.

Gempa cukup keras juga dirasakan di Bandung, Kabuoaten Sukabumi. Serta getaran lemah di Cianjur, Bekasi, Depok, Kota Bogor, Garut, Kabupaten Bandung.

Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan (shake map) di Sawangan II SIG (II-III MMI atau lemah), Kota Bekasi, Depok dan Bekasi I SIG (I - II MMI), Pelabuhan ratu II SIG II-III MMI; Bogor II SIG (II MMI), Banjar I SIG ( I-II MMI; Pangalengan II SIG (II-III MMI), Lebak-Banten II SIG (II-III MMI).

"Diperkirakan gempa tidak menimbulkan kerusakan bangunan dan korban jiwa. Guncangan gempa hanya dirasakan namun tidak merusak. Umumnya bangunan akan rusak atau roboh jika menerima gempa dirasakan diatas VI MMI," tambah Sutopo.(fat/jpnn)


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempabumi kekuatan 6,3 SR dengan epicentrum di Samudera Hindia


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News