Gempa Bumi Guncang Dua Kabupaten di Sulteng

Gempa Bumi Guncang Dua Kabupaten di Sulteng
Kepala Seksi Observasi BMKG Geofisika Palu, Bambang Haryono, saat memberikan penjelasan mengenai gempa di Kabupaten Donggala dan Banggai Laut, Selasa 16/03. Foto :ANTARA/ (Rangga Musabar)

jpnn.com, PALU - Gempa bumi kembali mengguncang dua wilayah di Sulawesi Tengah (Sulteng) Selasa (16/3).

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Palu, gempa bumi pertama terjadi Kabupaten Donggala, tepatnya di Desa Lalundu, dengan kekuatan 4,2 magnitudo. Gempa bumi tersebut terjadi sekitar pukul 13.17 Wita.

Sementara gempa bumi kedua terjadi di Kabupaten Banggai Laut dengan kekuatan 5,0 magnitudo. Gempa ini terjadi pada pukul 14.05 Wita.

Menurut Kepala Seksi Observasi BMKG Geofisika Palu Bambang Haryono, kedua gempa bumi itu disebabkan oleh aktivitas dari sesar lokal setempat.

"Dua duanya karena sesar lokal," ungkapnya.

Dia menjelaskan untuk gempa pertama berpusat di darat dan gempa kedua berpusat di laut. Meski demikian kedua gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Dua gempa ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya juga masih di bawah tujuh koma," jelasnya.

Untuk gempa 5,0 Magnitudo yang terjadi di Kabupaten Banggai Laut, juga dirasakan di Kabupaten Morowali, Morowali Utara dan Kabupaten Banggai.

Gempa bumi mengguncang dua wilayah di Sulteng, yakni Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Banggai Laut. Tidak berpotensi tsunami.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News