Gempa NTT Mengakibatkan Kerusakan Hingga ke Sulsel, Sejumlah Daerah Dilanda Tsunami

Gempa NTT Mengakibatkan Kerusakan Hingga ke Sulsel, Sejumlah Daerah Dilanda Tsunami
Pusat gempa Larantuka (ANTARA/HO-BMKG)

jpnn.com, JAKARTA - Gempa Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT) bermagnitudo (M) 7,4 pada Selasa pukul 10.20 WIB, mengakibatkan kerusakan hingga ke Sulawesi Selatan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan kerusakan akibat gempa terjadi di Selayar dan Takabonerate, Sulawesi Selatan.

"Kami menerima kiriman visual kerusakan akibat gempa di Selayar dan Takabonerate," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Abdul mengatakan tim BPBD saat ini sedang turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan dan pendataan dampak.

Sebelumnya, pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan tsunami terdeteksi di beberapa wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan ketinggian 0,07 meter atau 7 sentimeter setelah gempa magnitudo 7,4 mengguncang Laut Flores.

Tsunami telah terdeteksi di Marapokot, Nagekeo di NTT pada pukul 10.36 WIB serta Reo di Kabupaten Manggarai pada pukul 10.39 WIB.

Tinggi tsunami di kedua lokasi itu mencapai 0,07 meter atau sekitar 7 sentimeter.

Gempa magnitudo 7,4 terjadi di Laur Flores dengan kedalaman 10 kilometer pada Selasa, pukul 10.20 WIB.

Gempa Larantuka di Nusa Tenggara Timur (NTT) mengakibatkan kerusakan hingga ke Sulawesi Selatan. Sejumlah daerah dilanda tsunami.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News