Gempa M 4,7 Sukabumi, BPBD Pastikan tidak ada yang Bangunan Rusak

Gempa M 4,7 Sukabumi, BPBD Pastikan tidak ada yang Bangunan Rusak
Lokasi pusat gempa M 4,7 di Kota Sukabumi, Jabar yang terjadi pada Senin, (31/10/2022). Antara/HO/BMKG

jpnn.com - SUKABUMI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Jawa Barat, menyatakan tidak ada kerusakan akibat gempa bumi magnitudo 4,7 yang terjadi sekitar pukul 10.05 WIB, Senin (31/10).  BPBD juga belum menerima laporan dari masyarakat terkait adanya dampak dari gempa tersebut.

"Dari hasil pendataan yang dilakukan petugas penanggulangan bencana hingga pukul 19.00 WIB, tidak ditemukan adanya bangunan maupun fasilitas umum dan tempat ibadah yang rusak, sama halnya kami belum menerima laporan dari masyarakat terkait adanya dampak dari gempa tersebut," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani di Sukabumi, Senin (31/10).

Meskipun belum ada laporan, pihaknya masih tetap menyiagakan personel, dikhawatirkan sewaktu-waktu ada laporan dari warga terkait adanya kerusakan.

Selain itu pihaknya pun tetap mewaspadai terjadinya gempa susulan meskipun berharap tidak terjadi.

BPBD mengimbau masyarakat agar tidak panik, tetapi tetap waspada karena bencana bisa datang kapan saja.

Dia juga mengimbau warga untuk tidak memercayai informasi yang belum tentu kebenarannya atau hoaks terkait gempa.
Tidak hanya gempa, warga pun harus mewaspadai terjadinya potensi bencana lainnya, seperti tanah longsor, banjir dan lainnya.

Sebab, dari informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Kota Sukabumi diprakirakan masih akan turun hujan dan angin kencang.
Kemudian, warga pun diminta proaktif dalam memberikan informasi jika terjadi bencana di daerah mana pun untuk segera ditanggulangi demi meminimalisasi dampaknya.

Sebelumnya, berdasarkan data BMKG gempa 4,7 berlokasi di 7.70 Lintang Selatan (LS) - 106.88 Bujur Timur (BT) di 87 km Barat Daya Kota Sukabumi dengan kedalaman gempa 20 km. (antara/jpnn)

BPBD memastikan tidak ada bangunan rusak akibat gempa M 4,7 yang terjadi di Sukabumi.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News