Gempa M 5,4 Mengguncang Kota Jayapura, 4 Warga Meninggal Dunia

Gempa M 5,4 Mengguncang Kota Jayapura, 4 Warga Meninggal Dunia
Ilustrasi: Dampak gempa magnitudo 5,4 berpusat di darat Jayapura, Papua, Kamis (9/2/2023) pukul 13.28 WIB. (ANTARA/HO-BMKG)

jpnn.com - JAKARTA - Gempa bumi dengan magnitudo 5,4 terjadi di Kota Jayapura, Papua, Kamis (9/2).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan empat warga meninggal dunia terdampak gempa M 5,4 yang terjadi di Kota Jayapura itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid menjelaskan keempat korban ditemukan dari puing bangunan kafetaria yang roboh akibat guncangan gempa bumi.

Asep menuturkan letak kafetaria tersebut berada di atas perairan di kawasan Kota Jayapura, sehingga proses evakuasi dilakukan oleh tim ahli untuk menyelam.

"Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal. (Para korban) Ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh, lalu (para korban) tertindih. Langsung jatuhnya ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud ," ujar Asep dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis (9/2).

Asep juga menuturkan pada saat terjadi gempa bumi yang dirasakan kuat selama 2-3 detik, masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah.

Pada saat menyampaikan laporan kepada Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) BNPB, Asep merasakan gempa susulan yang kembali terjadi.

“Gempa bumi tadi dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempa bumi sedang berjalan,” ujar Asep.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan empat warga meninggal dunia terdampak gempa M 5,4 yang terjadi di Kota Jayapura.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News