Lembaga Zakat Sedunia Diminta Bantu Korban Gempa Turki-Suriah

Lembaga Zakat Sedunia Diminta Bantu Korban Gempa Turki-Suriah
Lembaga Zakat Sedunia Diminta Bantu Korban Gempa Turki-Suriah. Foto: iatmgrup

jpnn.com, JAKARTA - World Zakat and Waqf Forum (WZWF) menyerukan lembaga zakat dan wakaf sedunia untuk membantu korban gempa di Turki dan Suriah.

Adapun gempa bumi berkekuatan 7,8 SR mengguncang Gaziantep, Turki, pada Senin (6/2) pukul 4.17 dini hari waktu setempat.

Seketraris Jenderal WZWF Zainulbahar Noor mengajak seluruh organisasi zakat di seluruh dunia menunjukkan komitmennya membantu para korban.

"Khususnya negara-negara anggota WZWF untuk berdiri bersama dalam memberikan bantuan darurat dan kemanusiaan," kata Zainulbahar dalam keterangannya, Kamis (9/2).

Dia mengatakan zakat, infaq, dan sedekah dimaksudkan untuk mengentaskan kemiskinan dan menciptakan kesejahteraan sosial, sehingga WZWF perlu mengambil tindakan dan menanggapi tragedi ini.

Menurutnya, perempuan, penyandang disabilitas, orang tua, anak-anak, dan remaja yang seringkali terkena dampak yang paling besar dalam bencana perlu diprioritaskan.

"Pemberian bantuan ini terutama terkait kebutuhan-kebutuhan spesifik dan ditangani dengan tanggap dan cepat," tuturnya.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki (AFAD), setidaknya 2.379 orang di Turki tewas, beberapa ribu lainnya luka-luka serta setidaknya 5.606 bangunan runtuh.

WZWF mengajak lembaga zakat dan wakaf sedunia untuk membantu korban gempa di Turki dan Suriah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News