Gempa Terkini di Laut Maluku Magnitudo 7,1, Kota Gorontalo Bergoyang

Gempa Terkini di Laut Maluku Magnitudo 7,1, Kota Gorontalo Bergoyang
BMKG: telah terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 7,1 di Laut Maluku pada Rabu (18/1) siang. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Gempa Terkini di Laut Maluku Magnitudo 7,1, Terasa di Kota Gorontalo.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 7,1 di Laut Maluku pada Rabu (18/1) siang.

Gempa terjadi pukul 13:06:14 WIB, dengan lokasi 2.80 Lintang Utara,127.11 Bujur Timur, 141 km Tenggara Melonguane.

BMKG mengumumkan bahwa dampak gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, guncangan gempa dengan update magnitudo 7,0 dirasakan maksimal IV MMI di Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

"Gempa berpusat di Laut Maluku Mag 7,0 (update) kedalaman 71 km. Guncangan maksimal IV MMI di Melonguane Kepulauan Talaud. Tidak ada proposal potensi tsunami," kata Daryono di Jakarta.

Gempa Dirasakan di Kota Gorontalo

Gempa juga dirasakan di Kota Gorontalo pada skala II MMI, yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Di Minahasa, Manado, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Bitung, Tomohon, Ternate, Sofifi, Halmahera Timur, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, Halmahera Barat, Halmahera Utara, guncangan dirasakan pada skala III MMI yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

BMKG: Gempa terkini, hari ini 18 Januari 2023, kekuatan magnitudo 7,1 di Laut Maluku pada Rabu (18/1) siang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News