Generasi Muda dan Karang Taruna Sebagai Lokomotif Membangun Desa

Generasi Muda dan Karang Taruna Sebagai Lokomotif Membangun Desa
Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Taufik Madjid melakukan kunjungan kerja ke Desa Sidangoli Dehe, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, pada Sabtu (13/5/23). Foto: Angga/Kemendes PDTT

jpnn.com, HALMAHERA BARAT - Dalam rangka penguatan perencanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa berbasis masyarakat dan halalbihalal bersama warga, Sekjen Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Taufik Madjid melakukan kunjungan kerja ke Desa Sidangoli Dehe, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Sabtu (13/5).

Sekjen Taufik Madjid beserta rombongan dalam kunjungan itu disambut dengan penjemputan perahu Kora-Kora di pelabuhan Sidangoli Dehe.

Taufik kemudian disematkan baju adat oleh Kepala adat, serta disambut dengan pengalungan bunga dan tarian Soya setibanya di lapangan sepak bola Sidangoli Dehe.

Dalam sambutannya, Sekjen Taufik Madjid menyebutkan saat ini desa-desa di seluruh Indonesia yang berjumlah 74.961 tersebut terus melakukan pembangunan.

Menurutnya, salah satu kunci keberhasilan dalam pembangunan desa adalah bersatunya masyarakat desa dan kemudian didukung oleh generasi muda dan Karang Taruna sebagai lokomotif utamanya.

“Kalau generasi muda menyampaikan pendapat, memberikan masukan ke desa, rembukanlah. Ini kita berbicara pembangunan partisipatif, bawa di musyawarah desa,” ungkap Taufik.

Lebih lanjut Taufik mengatakan, Karang Taruna yang merupakan wadah organisasi sosial kemasyarakatan di level desa, kelurahan atau kecamatan ini menjadi tempat untuk anak muda mengembangkan kreativitas, dan inovasi.

Selain itu, Karang Taruna juga termasuk dapat menjadi mitra dari pemerintah desa, kecamatan bahkan mitra dari pemerintah kabupaten.

Sekjen Kemendes PDTT menyebut salah satu kunci keberhasilan dalam pembangunan desa harus didukung generasi muda dan Karang Taruna.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News