Generasi Muda Harus Manfaatkan Medsos Secara Positif

Generasi Muda Harus Manfaatkan Medsos Secara Positif
Forum Temu Netizen dalam Rangka Mendukung Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental 2018 yang diselenggarakan Kemenko PMK di Quality Hotel Manado. Foto: Kemenko PMK

jpnn.com, MANADO - Perkembangan media sosial di era digital saat ini memunculkan fenomena baru dan mengubah pola interaksi manusia.

Meningkatnya pengguna media sosial yang sebagian besarnya adalah remaja dan anak-anak memunculkan dampak positif dan negatif bagi seluruh penggunanya.

Dampak positif dan negatif seharusnya dapat dimaknai sebagai alat untuk mengetahui apa yang baik dan yang tidak baik bagi perkembangan karakter pengguna dalam hal ini generasi muda.

“Media sosial harus dimanfaatkan secara positif oleh generasi muda untuk semakin meningkatkan persatuan sebagai bangsa sehingga mereka dapat memiliki karakter yang kuat dan terhindar dari dampak negatif yang merusak” ujar Kepala Bidang Pengembangan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara Arthur D. Tumipa ketika ditemui dalam acara Forum Temu Netizen dalam Rangka Mendukung Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) di Quality Hotel Manado.

Dia menambahkan, generasi muda yang saat ini sangat erat dengan media sosial harus selalu diarahkan dan diawasi.

“Kami juga mengajak para guru dan orang tua untuk selalu mengawasi dan membimbing anak-anak dalam memanfaatkan media sosial sehingga dapat menunjang aktivitas mereka sebagai pelajar” ungkap Arthur.

Selain itu, Arthur juga mengajak generasi muda untuk menggunakan media sosial secara berimbang sehingga terhindar dari sikap antisosial yang dapat berdampak buruk pada masa depan.

“Sangat nyata kita lihat, ketika terlalu lama-lama di dunia maya, mereka juga sudah exit dari dunia nyata. Ini harus dihindari dan generasi muda harus tetap aktif di berbagai kegiatan sosial-kemasyarakatan yang ada di lingkungannya,” papar Arthur.

Perkembangan media sosial di era digital saat ini memunculkan fenomena baru dan mengubah pola interaksi manusia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News