Generasi Z Harus Kreatif Perangi Radikalisme di Medsos

Generasi Z Harus Kreatif Perangi Radikalisme di Medsos
Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi dalam bedah buku karyanya yang berjudul “Kontestasi Ideologi Politik: Gerakan Islam Indonesia di Ruang Publik Digital”. Foto tangkapan layar YouTube BLA Jakarta 

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi mengatakan generasi muda menjadi salah satu ujung tombak untuk memerangi paham radikalisme dan intoleransi di era digital saat ini.

Hal itu bisa dilakukan dengan melawan narasi-narasi radikal yang bertebaran di media sosial melalui konten positif dan kreatif.

"Tentunya sangat diperlukan dan bisa dilakukan dengan membuat narasi atau konten yang menarik," kata Wamenag Zainut dalam bedah buku karyanya yang berjudul “Kontestasi Ideologi Politik: Gerakan Islam Indonesia di Ruang Publik Digital” di Grand Sahid Hotel Sudirman Jakarta, Kamis (10/11).

Generasi Z yang saat ini sebagai kaum yang menguasai wilayah digital, dipandang Zainut, perlu membuat konten positif sekreatif mungkin untuk menyebarkan nilai-nilai moderasi beragama.

Hal ini untuk membendung narasi atau paham-paham radikal yang selama ini sudah menguasai ruang publik di jagat maya. 

“Karena itu saya rasa sangat penting bagi anak muda untuk memperbanyak dan mengembangkan literasi digital guna mengimbangi konten-konten radikal yang sudah tersebar,” ujarnya.

Zainut juga mengingatkan, hasil penelitian Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta menyebutkan masyarakat kelas menengah muslim perkotaan cenderung memperhatikan konten dari kalangan radikal. 

"Di ruang digital cenderung memperoleh perhatian dari kalangan kelas menengah muslim perkotaan yang sedang dilanda gelombang titik balik agama," imbuhnya.

Wamenag Zainut mengatakan Generasi Z harus kreatif memerangi radikalisme di Medsos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News