Genjot Minat Milenial Bertani dengan Jurus TOS Masuk Kampus

Genjot Minat Milenial Bertani dengan Jurus TOS Masuk Kampus
Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri saat menghadiri Tani On Stage (TOS) di Universitas Respati Indonesia, Jakarta Timur, Jakarta, Sabtu (22/12). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) kembali menyapa generasi muda dari kalangan mahasiswa dan mahasiswi melalui kegiatan bertitel Tani On Stage (TOS). Kali ini, kegiatan untuk meningkatkan jumlah generasi muda yang unggul dan inovatif di bidang pertanian itu digelar di Universitas Respati Indonesia, Jakarta Timur.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri di hadapan para mahasiswa jurusan pertanian membeberkan berbagai capaian sektor pertanian selama empat tahun terkahir. Menurutnya, sektor pertanian saat ini sangat menjanjikan.

“Pada 2017 ekspor pertanian kita meningkat hingga 24 persen, bahkan pertanian menjadi sektor ke dua terbesar yang berperan dalam perekonimian negara setelah industri,” ujar Boga Andri di Aula Kampus B Universitas Respati Indonesia, Jakarta Timur.

Sebelumnya kegiatan TOS pertama kali dilaksanakan di Univesitas Prasetya Mulya Tangerang beberapa waktu lalu dengan mengangkat tema Manisnya Industri Kopi. Sedangkan TOS kedua di Universitas Respati mengangkat tema Bisnis Pertanian Sebagai Gaya Hidup Baru.

Materi yang disajikan pun lebih luas. Di antaranya dengan menampilkan Duta Kopi Indonesia dan Penyuluh BPTP Jakarta yang membahas seputar hidroponik.

Kuntoro Boga menambahkan, saat ini banyak generasi muda yang tertarik terjun ke sektor pertanian. Hal itu tampak dari minat generasi milenial terhadap pendidikan sektor pertanian yang meningkat 12 kali lipat atau 1.237 persen.

Angka itu mengacu pada jumlah pendaftar di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan). Pada 2013 ada 980 pendaftar Polbangtan, namun pada 2018 ini menjadi 13.111.

Karena itu Kuntoro Boga menghimbau para generasi muda agar bersemangat dan tidak ragu untuk terjun ke dunia pertanian. Mengutip pidato Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan, Boga mengatakan, pertanian bia menjadi jalan untuk menjadi pengusaha kakak.

Kementan) kembali menyapa generasi muda dari kalangan mahasiswa dan mahasiswi melalui kegiatan bertitel Tani On Stage (TOS).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News