Gerakan Bagimu Negeri Usung Semangat Nasionalisme

Gerakan Bagimu Negeri Usung Semangat Nasionalisme
Logo Gerakan Bagimu Negeri. Foto: istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Munculnya ancaman dan krisis ideologi yang dihadapi bangsa ini telah mendorong terbentuknya Gerakan Bagimu Negeri.

Tujuan Gerakan Bagimu Negeri adalah melakukan aktivitas komunikasi untuk mendukung ketahanan nasional dan implementasi Pancasila dengan melibatkan semua elemen bangsa lintas sektor serta komponen penta helix.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Prof Widodo Muktiyo mengatakan, gerakan ini adalah inovasi baru. Dimana, gerakan ini menerapkan komunikasi bottom up.

"Kami sangat mendukung dan ikut aktif dalam upaya memberdayakan partisipasi publik. Misinya agar mendorong semua elemen bangsa ikut aktif dalam berbagai aktivitas untuk ketahanan nasional, " kata Prof Widodo pada soft launching Gerakan Bagimu Negeri di gedung Kemenkominfo Jakarta, Senin (7/10).

Gerakan Bagimu Negeri, dimulai secara sukarela oleh para Inisiator yang punya visi dan keprihatinan sama. Gerakan ini bersifat formal dan informal dari anak bangsa lintas sektor, dalam komunitas serta forum wedangan guyub. Sehingga bisa diikuti berbagai elemen anak bangsa, tanpa sekat birokrasi, dan tidak ada hirarki yang kaku.

Arief H. Thamrin selaku praktisi televisi dan ahli komunikasi yang merupakan salah seorang konseptor gerakan ini menjelaskan, Gerakan Bagimu Negeri mempunyai logo unik. Mencerminkan warna keragaman bangsa yang dinamis dengan gaya milenial.

Disertai simbol kepulauan Indonesia sebagai cermin kesatuan NKRI. Konsep komunikasi gerakan ini mengusung semangat adanya National Call, Ibu pertiwi memanggil, mengajak partisipasi publik agar peduli dan memberikan bakti berupa aksi nyata bagimu negeri.

Arief menjelaskan, tema komunikasi Gerakan Bagimu Negeri antara lain membawa semangat nasionalisme, positivisme, optimistis yang diserta aksi nyata berupa prestasi, kreativitas, inovasi, apresiasi yang memberi inspirasi dan memotivasi upaya ketahanan nasional.

Tujuan Gerakan Bagimu Negeri adalah melakukan aktivitas komunikasi untuk mendukung ketahanan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News