Gerakan Passeddingeng Ganjar Ajarkan Warga Membuat Songkok Recca

Gerakan Passeddingeng Ganjar Ajarkan Warga Membuat Songkok Recca
Kegiatan pelatihan pembuatan songkok recca oleh Gerakan Passeddingeng. Dok sukarelawan Ganjar

jpnn.com, BONE - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang terganung dalam Gerakan Passeddingeng berusaha melestarikan budaya dengan mengajarkan masyarakat Bone membuat songkok recca.

Pelatihan membuat songkok recca itu diselenggarakan di Desa Tanete Harapan, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Selasa (27/6).

Koordinator Lapangan (Korlap) Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone, Aswar Hamid mengatakan tujuan dari pelatihan ini sengaja dilakukannya agar ikon dari Bone, yakni songkok recca tetap eksis di semua kalangan.

“Bagaimana pengembangan ikon Bone ini bisa berkembang. Atau berbagai hal kalangan masyarakat ibu-ibu yang bisa melakukan (pembuatan songkok recca),” ujar Aswar dalam siaran persnya.

Songkok recca terbuat dari bahan dasar serat pohon lontar yang merupakan pohon khas Sulawesi. Aswar menuturkan bahwa dirinya mempunyai keinginan agar songkok recca bisa makin berkembang terutama di Desa Tanete Harapan.

Paling penting, kata dia, seusai adanya pelatihan tersebut warga Desa Tanete Harapan bisa mengenal cara pembuatannya dan kemudian menjadi pengrajin dari songkok recca.

“Masyarakat bisa lebih mengenal cara pengrajinan songkok recca, bukan hanya melihat dari jadinya saja. Ini bisa mengrajin juga untuk songkok recca,” beber Aswar.

Pelatihan songkok recca yang diselenggarakan oleh Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone mendapatkan tanggapan positif dari warga Desa Tanete Harapan.

Sukarelawan Gerakan Passeddingeng mengajarkan warga Bone untuk membuat songkok recca.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News