Survei PWS: Hanya 49,6 Persen Pemilih PDIP Memilih Ganjar, Demokrat & PKS Tidak Solid ke Anies

Survei PWS: Hanya 49,6 Persen Pemilih PDIP Memilih Ganjar, Demokrat & PKS Tidak Solid ke Anies
Bacapres 2024 dari PDIP Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Utama Political Weather Stations (PWS) Sharazani MA merilis hasil survei lembaganya tentang loyalitas pemilih partai dalam memilih bakal Capres 2024.

Sharazani menyebut konstituen Partai Gerindra solid dan loyal mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Konstituen Partai Gerindra paling solid dan loyal mendukung Prabowo Subianto sebagai capres yang diusung oleh partainya,” ujar Sharazani dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Berdasarkan analisis tabulasi silang (cross-tabulation) dari variabel capres yang dipilih dengan partai yang dipilih responden, jika pemilu dilaksanakan saat ini, konstituen atau pemilih Partai Gerindra memiliki tingkat soliditas tertinggi dibandingkan partai-partai lainnya.

"Sebanyak 83,8 persen pemilih Partai Gerindra mengaku akan memilih Prabowo Subianto," ucapnya.

Sementara itu, Sharazani menyebut hanya 49,6 persen pemilih PDIP yang mengaku akan memilih Ganjar Pranowo.

“Dengan demikian, sebanyak 50,4 persen pemilih PDI Perjuangan masih tidak solid mendukung capres yang diusung partainya,” kata Sharazani.

Sharazani juga mengungkap selain Gerindra, partai yang relatif cukup solid mendukung capres yang diusung partainya adalah Partai NasDem.

Survei PWS mengungkap hanya 49,6 persen pemilih PDIP pilih Ganjar Pranowo, sedangkan pemilihnya Demokrat dan PKS tidak solid memilih Anies Baswedan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News