Gerhana Bulan Penumbra: Berikut Sejumlah Wilayah di Jakarta Waspada Bencana

Gerhana Bulan Penumbra: Berikut Sejumlah Wilayah di Jakarta Waspada Bencana
Mendung tebal di langit Jakarta. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik mengingatkan pemerintah untuk menyiapkan lokasi-lokasi pengungsian untuk mengantisipasi banjir rob, yang berpotensi terjadi bersamaan dengan gerhana bulan penumbra pada 11 Januari 2020.

Anggota dawan asal daerah pemilihan Jakarta Utara itu juga mengingatkan, persiapan logistik jangan sampai kurang.

"Tempat-tempat pengungsian harusnya sudah disiapkan termasuk logistik, jangan sampai kekurangan," kata Taufik dihubungi di Jakarta, Kamis (9/1).

Menurut Taufik, dengan perkiraan banjir rob yang sudah dikeluarkan BMKG, harusnya pemerintah daerah sudah siap untuk semua hal.

"Banjir rob itu susah dibendung. Namun pemerintah sudah mengetahui titik mana saja yang perlu diantisipasi," ujarnya.

Taufik mengimbau kepada masyarakat agar kiranya dapat mengikuti standar operasional prosedur yang dikeluarkan pemerintah daerah.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah memastikan posko kesiapsiagaan bencana berjalan normal. Selain itu, pompa air dan petugas telah disiagakan di sejumlah lokasi yang diprediksi terdampak rob. Pemprov juga menyiagakan posko untuk informasi deteksi dini bencana.

BMKG memperkirakan banjir rob kemungkinan terjadi dalam tanggal 9-11 Januari 2020 di tengah kondisi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berkurang.

Berkaitan dengan prediksi terjadinya gerhana bulan penumbra, pemerintah diminta menyiapkan lokasi-lokasi pengungsian sebagai antisipasi banjir rob.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News