Gerhana Bulan Total Hari Ini, Sejumlah Fenomena Menakjubkan Bisa Anda Saksikan

Gerhana Bulan Total Hari Ini, Sejumlah Fenomena Menakjubkan Bisa Anda Saksikan
Gerhana bulan total di sebagian wilayah Chile and Argentina terlihat di Las Grutas, Provinsi Rio Negro, Argentina, Senin (14/12/2020). Foto: ANTARA /REUTERS/Chiwi Giambirtone/rwa

jpnn.com, JAKARTA - Gerhana bulan total atau super blood moon akan terjadi pada hari ini, Rabu 26 Mei 2021.

Fase-fase gerhana bulan total akan tampak di sejumlah wilayah di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Fenomena ini kerap disebut dengan super blood moon karena bulan akan berbaris dalam jarak terdekatnya dengan bumi, suatu peristiwa yang oleh beberapa orang disebut supermoon.

“Anda benar-benar bisa melihat tata surya bekerja, dan hukum gravitasi Newton bekerja di depan mata Anda sendiri,” kata Edwin Krupp, direktur Observatorium Griffith di Los Angeles, dikutip dari New York Times, Rabu.

Di mana dan kapan gerhana bulan total dapat dilihat?

Fenomena ini akan terlihat terutama dari Australia, Asia Timur, pulau-pulau di Pasifik, dan Amerika Barat. Orang-orang di Pantai Barat Amerika Serikat, dari California Selatan hingga Negara Bagian Washington, dapat melihatnya dimulai sekitar pukul 1.47 pagi waktu Pasifik pada 26 Mei.

Di Indonesia, puncak gerhana terjadi pada pukul 18.18.43 WIB atau 19.43.18 WITA atau 20.43.18 WIT dengan jarak 357.464 kilometer dari bumi.

Pada awalnya bulan hanya akan memasuki bayangan terluar bumi yang disebut penumbra.

Berikut ini sejumlah hal menakjubkan yang terjadi pada gerhana bulan total atau super blood moon yang akan terjadi pada hari ini, Rabu 26 Mei 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News