Warga Sulsel Diimbau Gelar Salat Gerhana Bulan Malam Ini

Warga Sulsel Diimbau Gelar Salat Gerhana Bulan Malam Ini
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulslawesi Selatan, H Khaeroni. ANTARA/HO/Dokumentasi Kemenag Sulsel.

jpnn.com, MAKASSAR - Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan mengimbau masyarakat menunaikan salat gerhana bulan pada Selasa (8/11) malam ini usai salat magrib di lapangan atau masjid setempat.

"Diharapkan umat muslim dapat menunaikan salat gerhana, sesuai tuntutan syariat dari Nabi Muhammad SAW serta memperbanyak zikir, istigfar, dan melaksanakan amal kebajikan lainnya," ujar Kakanwil Kemenag Sulsel H Khaeroni di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan imbauan salat gerhana bulan menindaklanjuti arahan Dirjen Binmas Islam Kemenag ke masing-masing daerah untuk melaksanakannya.

Khusus di Makassar Kemenag Sulsel melalui Bidang Urais dan Pembinaan Syariah akan melaksanakan pemantauan gerhana dan salat khusuf.

Pemantauan dan salat gerhana dilaksanakan atas kerja sama dengan Subdit Hisah Rukyah dan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag, UIN Alauddin Makassr, dan Pengurus Masjid Al Markaz Al Islami Kota Makassar

Subkoordinator Kemasjidan, Hisab Rukyah dan Bina Syariah pada Bidang Urais Kanwil Kemenag Sulsel H Nur Hasyim menambahkan pengamatan atau pemantauan gerhana bulan ini dilaksanakan di halaman Masjid Al Markaz Al Islami Makassar.

Rencananya, dimulai pukul 16.00 sampai 20.57 Wita, dan puncak gerhana bulan hari ini akan terjadi pada pukul 18.59 Wita.

"Untuk pelaksanaan salat khusufnya sendiri akan dilaksanakan setelah salat magrib secara berjemaah bersama masyarakat di Masjid Al Markaz," ujar Nur Hasyim.

Kanwil Kemenag Sulsel mengimbau kepada seluruh warga muslim untuk menggelar salat gerhana bulan pada malam ini.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News