Gerhana Bulan Total Lebih 1 Jam, BBMKG V Jayapura Menyiapkan Teropong hingga Live Streaming

Gerhana Bulan Total Lebih 1 Jam, BBMKG V Jayapura Menyiapkan Teropong hingga Live Streaming
Koordinator Bidang Observasi Balai Besar BMKG Wilayah V Danang Pamuji. (ANTARA/HO/Dokumen Pribadi)

jpnn.com - JAYAPURA - Fenomena gerhana bulan total akan berlangsung pada Selasa 8 November 2022.  Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika V Jayapura menyatakan gerhana bulan total dapat disaksikan masyarakat selama 1 jam 25 menit.

Gerhana bulan diperkirakan mulai muncul pukul 17.00 WIT dan berakhir pukul 22.57 WIT dan gerhana bulan total dapat dilihat mulai pukul 19.59 WIT yang akan berlangsung sekitar satu jam 25 menit.

Menurut Koordinator Bidang Observasi BBMKG Wilayah V Jayapura Danang Pamuji, gerhana bulan itu dapat disaksikan langsung masyarakat.

"Masyarakat dapat melihat fenomena alam yang siklusnya terjadi 18 tahun sekali dengan mata telanjang," kata Danang  kepada Antara di Jayapura, Senin (7/11).

BBMKG V Jayapura akan memusatkan pemantauan di stasiun meteorologi yang ada di Dok II Bawah depan Kantor Gubernur Papua di Jayapura. BBMKG juga akan menyediakan teropong yang dapat digunakan untuk melihat benda-benda astronomi.

"Kami juga akan melakukan live streaming sehingga masyarakat dapat menyaksikan dan berharap cuaca bersih," ucap Danang Pamuji. (antara/jpnn)

Gerhana bulan total akan berlangsung lebih dari 1 jam. BBMKG Wilayah V Jayapura menyiapkan teropong dan live streaming.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News