Waspada, 24 Pantai di Bali Berpotensi Terjadi Rob, Ini Lokasinya

Waspada, 24 Pantai di Bali Berpotensi Terjadi Rob, Ini Lokasinya
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar memprediksi sebanyak 24 pantai di Bali terjadi banjir pesisir atau rob. Ilustrasi Foto: Sam/JPNN.com

jpnn.com, BALI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar memprediksi sebanyak 24 pantai di Bali terjadi banjir pesisir atau rob.

Fenomena itu bisa terjadi akibat fase bulan purnama dan jarak terdekat bulan ke bumi (perigee) pada 5-8 Juli 2023.

"Kami imbau masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir pesisir,” kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Bali I Nyoman Gede Wiryajaya di Denpasar, Minggu (2/7).

Dia menjelaskan potensi banjir pesisir itu berbeda waktu hari dan jam di setiap wilayah.

Menurut pengamatan BMKG, fenomena bulan purnama terjadi pada Senin (3/7) dan perigee pada 4 Juli 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Namun, BMKG tidak memberikan detail perkiraan ketinggian air laut maksimum dari potensi banjir pesisir itu.

Berdasarkan pantauan data level air dan prediksi pasang surut, sebanyak 24 wilayah pesisir Bali yang berpotensi terjadi rob di antaranya Kabupaten Tabanan tersebar di Pantai Soka, Pantai Pasut, Pantai Kelanting, Pantai Yeh Gangga, Pantai Kedungu, dan Pantai Tanah Lot.

Kemudian di Kabupaten Badung diperkirakan di Pantai Batu Bolong, Pantai Seminyak, Pantai Kuta, Pantai Jerman, Pantai Balangan, Pantai Padang-padang, Pantai Nuggalan, Pantai Pandawa, Pantai Nusa Dua.

BMKG menjelaskan potensi banjir pesisir Bali itu berbeda waktu hari dan jam di setiap wilayah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News