Gerhana Matahari Total Bisa Dilihat Jelas dari Daerah-Daerah Ini, Catat

Gerhana Matahari Total Bisa Dilihat Jelas dari Daerah-Daerah Ini, Catat
Tangkapan layar jalur gerhana matahari hibrid di Indonesia pada 20 April 2023 yang dirilis BMKG, Senin (10/4/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gerhana matahari total dapat diamati di Biak, Papua dan Pulau Kisar, Maluku pada 20 April 2023.

"Gerhana matahari total dapat diamati di Biak dan Pulau Kisar. Sementara gerhana matahari cincin tidak dapat diamati di wilayah Indonesia," ujar Deputi Bidang Geofisika, BMKG Suko Prayitno Adi dikutip dari Antara, Senin (10/4).

Dia menyebut durasi puncak gerhana di Biak selama satu menit dua detik pada pukul 13.57.13 WIT.

Sementara durasi puncak gerhana di Pulau Kisar selama satu menit lima detik pada pukul 13.22.56 WIT.

Untuk gerhana matahari sebagian dapat diamati di beberapa wilayah Indonesia. Namun, sebagian wilayah utara Provinsi Aceh tidak dapat mengamati gerhana matahari.

Suko Prayitno mengatakan fenomena gerhana matahari pada 20 April 2023 itu merupakan gerhana matahari hibrid.

Gerhana matahari hibrid merupakan peristiwa gerhana matahari total dan cincin yang terjadi secara berurutan dalam satu fenomena gerhana.

Dia menjelaskan gerhana matahari hibrid terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris sehingga di suatu tempat tertentu terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari dan tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi sama dengan piringan matahari.

BMKG mendata ada sejumlah wilayah di Indonesia yang bisa melihat jelas gerhana matahari total pada 20 April 2023.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News