Gerindra Pertimbangkan Usung Eks Tentara untuk Tantang Ahok

Gerindra Pertimbangkan Usung Eks Tentara untuk Tantang Ahok
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Partai Gerindra sedang menjajaki kemungkinan mengusung mantan TNI guna menantang Basuki T Purnama alias Ahok di bursa calon gubernur DKI Jakarta. Sejauh ini sudah ada dua figur mantan TNI yang masuk radar partai binaan Prabowo Subianto itu .

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono mengungkapkan, partainya sedang mencermati kemungkinan mengusung mantan Panglima TNI Moeldoko dan mantan Pandam Jaya Sjafrie Sjamsoeddin  sebagai bakal calon gubernur DKI.  Menurut Arief, kedua nama itu punya kemampuan yang dibutuhkan untuk memimpin ibu kota negara.

"Pak Moeldoko dan Pak Syafrie memang sangat diperlukan untuk memimpin Jakarta sebab kemampuan mereka dalam mengurus birokrasi pemerintahan dan leadership sudah tidak diragukan lagi selama di TNI dan pemerintahan," kata Arief di Jakarta, Minggu (17/4).

Lebih lanjut Arief mengatakan, kedua mantan petinggi TNI itu punya pengalaman di bidang birokrasi dan pemerintahan. Keduanya juga punya kemampuan memimpin dan sudah teruji tanpa berlebihan dalam menggunakan kekuasaan.

"Selain itu, Gerindra menginginkan pemimpin Kota Jakarta ini memiliki pola komunikasi yang tetap menjaga kesantunan," ujarnya.

Arief juga mengatakan, Sjafrie memang punya kedekatan dengan Prabowo karena sudah berteman dejak masih di Akademi Militer. "Pak Prabowo sangat mengenal karakter kepemimpinan Sjafrie Sjamsoeddin sejak sama-sama menjadi taruna," ungkapnya.

Sedangkan Moeldoko, ujar Arief, merupakan junior Prabowo di TNI. "Pak Moeldoko pemegang bintang Adhi Makayasa (salah satu lulusan terbaik Akmil, red) dan berhasil menduduki jabatan tertinggi di TNI, juga bisa jadi pertimbangan oleh Pak Prabowo," imbuhnya.

Sedangkan terkait proses penjaringan bakal calon gubernur DKI dari Gerindra, kata Arief, prosesnya tetap akan terus berlangsung sesuai mekanisme yang berlaku. Setelah semua proses berjalan, hasilnya diserahkan ke Prabowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News