Gerindra Teratas, NasDem Hanya Raih 1 Kursi

Gerindra Teratas, NasDem Hanya Raih 1 Kursi
Partai Nasdem. ILUSTRASI. Foto: JPG/JPNN.com

jpnn.com, LIMAPULUH KOTA - Sepuluh partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019, berpeluang menguasai 35 kursi DPRD Limapuluh Kota periode 2019-2024. Kesepuluh partai yang berpeluang itu adalah Gerindra, Golkar, Demokrat, PKS, Hanura, PAN, PPP, PDIP, PKB, dan NasDem.

"Dari hitung-hitungan sementara kita, mengacu C1 dan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, Gerindra dapat 6 kursi. Kemudian, Golkar dan Demokrat sama-sama 5 kursi. Selanjutnya, PKS dan Hanura dapat 4 kursi, PPP 3 dan PAN dapat 3 kursi, PDIP dan PKB dapat 2 kursi, serta NasDem dapat 1 kursi. Tapi, kita tunggu sajalah penetapan dari KPU," kata Ketua Partai Golkar Limapuluh Kota Safarudin Dt Bandaro Rajo menjawab Padang Ekspres (Jawa Pos Group).

Senada dengan Safarudin Dt Bandaro Rajo, Ketua PKB Limapuluh Kota Ferizal Ridwan juga memperkirakan hal yang sama.

"Survei yang kita lakukan meleset, PKB kemungkinan hanya dapat mempertahankan 2 kursi. Sedangkan 33 kursi lainnya, dimiliki Gerindra, Golkar, Demokrat, PKS, Hanura, PAN, PDIP, dan Nasdem. Itu hitung-hitunan sementara kami di PKB," kata Ferizal yang akrab disapa Buya Feri, secara terpisah.

BACA JUGA: Target Melambung setelah TGB Zainul Majdi Gabung, Hasilnya…

Ini juga disampaikan Ketua PKS Limapuluh Kota Ustad Zukron. "Berdasarkan hitung-hitungan kita, mengacu kepada C1 dan rekap di kecamatan, PKS dapat 4 kursi untuk DPRD Limapuluh Kota 2014-2019. Terjadi peningkatan dari periode sebelumnya yang baru dua kursi. Adapun kursi yang kita dapat, masing-masing Dapil 1, Dapil 3, Dapil IV, dan Dapil V. Meski begitu, kita tunggu keputusan resmi KPU," kata Ustad Zukron.

Seperti disampaikan Ustad Zukron, Limapuluh Kota yang terdiri dari 13 kecamatan, terbagi dalam 5 Daerah Pemilihan (Dapil). Yakni, Dapil 1 (Harau dan Payakumbuh), Dapil 2 (Pangkalan dan Kapur IX), Dapil 3 (Lareh Sago Halaban, Luhak, dan Situjuah Limo Nagari), Dapil IV (Akabiluru, Guguak, dan Mungka), serta Dapil V (Bukit Barisan, Suliki, dan Gunuang Omeh).

Di Dapil 1 Harau dan Payakumbuh, terdapat 8 kursi DPRD Limapuluh Kota. Kedelapan kursi itu, diperkirakan Ferizal Ridwan, didapat PKS, Demokrat, Gerindra, PPP, PAN, Golkar, PDIP, dan Hanura. Perkiraan ini juga disampaikan politisi Partai Demokrat asal Harau, Alfian Abbas.

Gerindra meraih suara terbanyak Pemilu 2019 di DPRD Limapuluh Kota, sementara NasDem hanya mendapat 1 kursi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News