Tips agar Petugas KPPS Pemilu 2024 Tetap Sehat, Peristiwa Tragis 2019 Jangan Terulang

Tips agar Petugas KPPS Pemilu 2024 Tetap Sehat, Peristiwa Tragis 2019 Jangan Terulang
Warga menggunakan hak pilih di Pemilu 2019. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com - MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat jumlah petugas penyelenggara Pemilu 2019 yang meninggal dunia sebanyak 894 orang.

Ketua KPU saat itu, Arief Budiman, menyebutkan, selain 894 petugas penyelenggara Pemilu 2019 yang meninggal dunia, terdapat 5.175 orang petugas mengalami sakit.

Penyelenggara Pemilu 2019 yang meninggal dunia itu mulai dari kelompok panitia pemungutan suara (KPPS), panitia pemungutan suara (PPS), hingga panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Dugaan kematian itu akibat mereka kelelahan, sakit bawaan, dan juga karena mengalami kecelakaan.

Agar peristiwa menyedihkan tersebut tidak terulang lagi pada Pemilu 2024, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) bersama pemerintah daerah di kabupaten dan kota, serta forkopimda, bergandeng tangan menghadirkan Satuan Tugas (Satgas) Kesehatan Petugas Pemilu di TPS.

Pemprov Sulsel menunjukkan bentuk komitmennya dalam menjaga keselamatan dan kesehatan para petugas Pemilu 2024, dengan membentuk Satgas Kesehatan Petugas Pemilu.

Daerah yang dikenal sebagai lumbung padi nasional ini, bahkan merupakan provinsi pertama di Indonesia yang memiliki satgas kesehatan seperti ini. Pembentukan satgas ini sudah hadir di 24 kabupaten dan kota se-Sulsel.

Satgas ini didukung KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel, pimpinan instansi vertikal, kepala unit kesehatan milik TNI dan Polri, pimpinan perguruan tinggi, ketua organisasi profesi kesehatan, serta pimpinan rumah sakit milik pemerintah dan swasta.

Inilah tips agar petugas KPPS Pemilu 2024 tetap sehat, jangan sampai terulang peristiwa tragis 894 petugas pemilu 2019 meninggal dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News