Gerindra Usung Ahmad Muzani jadi Ketua MPR

Gerindra Usung Ahmad Muzani jadi Ketua MPR
Ahmad Muzani (kanan). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Fraksi Partai Gerindra memastikan mengusung Ahmad Muzani menjadi calon ketua MPR RI dalam sidang paripurna Rabu (2/10) ini.

Hal ini disampaikan Ketua Fraksi Gerindra di MPR, Ahmad Riza Patria. "Partai Gerindra mengusung Ahmad Muzani sebagai calon Ketua MPR. Posisi Muzani di periode lalu adalah wakil ketua MPR," katanya di Kompleks Parlemen.

Mantan ketua Komisi II DPR itu menyebutkan, diusungnya Ahmad Muzani untuk menggambarkan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa setelah pilpres yang banyak menguras energi lahir dan batin, kini telah tiba masa di mana semua pihak membina kolaborasi politik tanpa meninggalkan check and balances.

Seperti diketahui, ada tiga lembaga perwakilan di tingkat nasional, yaitu MPR, DPR dan DPD. Ketua DPR otomatis diambil oleh PDI Perjuangan, sedangkan Ketua DPD dimenangi oleh La Nyala Matalitti.

"Apabila Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR, maka tampak keseimbangan politik yang cantik, menggambarkan keberagaman pendapat di republik ini. Dengan begitu, rekonsiliasi nasional mendapatkan titik start yang baik," tutur Riza.

Para calon Ketua MPR berasal dari sepuluh nama yang diusulkan oleh fraksi/kelompok DPD. Satu di antaranya jadi ketua, dan sembilan orang lainnya otomatis jadi wakil ketua.

"Kami berharap para pimpinan partai politik bersama-sama dengan DPD RI mengusahakan kesepakatan musyawarah mufakat dan bermufakat agar Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR," tandasnya. (fat/jpnn)

Riza berharap para pimpinan parpol dengan DPD RI bermufakat agar Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News