Giat Yayasan AHM Lestarikan Budaya Angklung

Giat Yayasan AHM Lestarikan Budaya Angklung
Kegiatan Pasanggiri atau Perlombaan Angklung oleh Yayasan AHM. Foto: AHM

jpnn.com, BEKASI - Dalam rangka memeringati Hari Sumpah Pemuda, Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) mengajak generasi muda untuk melestarikan budaya bangsa melalui seni musik angklung.

Pelestarian budaya tersebut direalisasikan melalui kegiatan Pasanggiri atau Perlombaan Angklung yang diikuti lebih dari 600 pemuda dari Sekolah Satu Hati binaan PT Astra Honda Motor (AHM).

Dalam kompetisi angklung yang berlangsung di SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (27/10), setiap peserta menjadikan lagu Bangun Pemuda Pemudi ciptaan A. Simanjuntak sebagai salah satu performa utama yang ditampilkan.

“Salah satu bentuk cinta tanah air adalah menjaga keberagaman budaya negeri ini. Angklung kami pilih untuk kami lestarikan karena filosofinya yang mengajarkan kebersamaan,” ungkap Wakil Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin.

Saat ini terdapat 24 sekolah yang mengajarkan angklung kepada siswa di bawah payung Program Sekolah Satu Hati. Seluruh sekolah binaan ini mendapat bantuan alat musik berupa 1 set Angklung dan perlengkapannya.

Budaya Angklung dipilih karena merupakan salah satu warisan budaya asli Indonesia yang sudah diakui UNESCO sejak November 2010.

Beasiswa Pendidikan
Di puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda, Yayasan AHM juga mewujudkan kepeduliannya di bidang pendidikan dengan memberikan beasiswa senilai total Rp 279.250.000,- bagi siswa setingkat SD/sederajat hingga SLTA/sederajat di area DKI Jakarta, Kab. Bekasi, dan Kab. Karawang, Jawa Barat. (mg8/jpnn)


Dalam rangka memeringati Hari Sumpah Pemuda, Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) mengajak generasi muda melestarikan budaya bangsa melalui seni musik Angklung.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News