Gibran hingga Dhito Jadi Pengurus Senapati Nusantara, Karakter Kebudayaan Diharapkan Menguat

Gibran hingga Dhito Jadi Pengurus Senapati Nusantara, Karakter Kebudayaan Diharapkan Menguat
Sekjen Senapati Nusantara Hasto Kristiyanto di Pendopo Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jumat (14/10). Foto: Senapati Nusantara

jpnn.com, SUMENEP - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Putra, dan Kepala LKPP Hendrar Prihadi masuk dalam kepengurusan Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara/SN).

Mereka dilantik oleh Sekjen Senapati Nusantara Hasto Kristiyanto di Pendopo Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jumat (14/10).

Gibran dan Hendrar Prihadi menjadi Dewan Pembina di Dewan Kesekretariatan Nasional, sementara Hanindhito sebagai bendahara.

Mohammad Mansur Hidayat akan menjadi ketua pelaksana harian Kesekretariatan Senapati Nusantara.

“Semoga Tuhan yang Maha Esa meridai perjuangan kita,” kata Hasto saat pelantikan.

Hasto menyampaikan selamat kepada tiga orang itu sekaligus meminta mereka untuk menggelorakan Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan.

Pelantikan itu sendiri sengaja dilakukan di Sumenep, yang mengikrarkan diri sebagai Kota Penghasil Keris yang sudah diakui oleh Badan PBB Unesco.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan Unesco mengakui Sumenep sebagai satu-satunya kota dengan empu keris terbanyak di dunia. Diperkirakan terdapat 700 empu di sana. Ke depan, Pemkab Sumenep merencanakan Peraturan Daerah (perda) tentang keris.

Gibran dan Hendrar Prihadi menjadi Dewan Pembina di Dewan Kesekretariatan Nasional Senapati Nusantara, sementara Hanindhito sebagai bendahara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News